Berbagai Manfaat Baking Soda
Karena sifatnya yang menyerap, baking soda juga dapat digunakan sebagai bahan dalam deodoran buatan sendiri. (Foto: Zulmaury Saavedra/Unsplash.com)
Jakarta: Baking soda selama ini mungkin dikenal sebagai salah satu bahan untuk membuat kue atau roti. Namun akhir-akhir ini ada banyak sekali informasi yang mengatakan bahwa manfaat baking soda tidak terbatas hanya untuk membuat kue saja bahkan bisa digunakan untuk memutihkan gigi. 

Dikutip dari Women's Health, berikut ini adalah beberapa manfaat baking soda yang bermanfaat bagi kesehatan. 

1. Mengurangi risiko gigi berlubang
"Berbagai studi dilakukan untuk mengetahui manfaat baking soda bagi kebersihan mulut," ujar Allison Dostal Webster, Ph.D., R.D., direktur hubungan komunikasi nutrisi di International Food Information Council.


"Sifat antimikrobanya dapat membantu melawan bakteri yang menyebabkan bau mulut, dan mengurangi risiko gigi berlubang. Itu sebabnya Anda biasanya dapat menemukannya di beberapa jenis pasta gigi."

(Baca juga: Cara Singkirkan Komedo dengan Baking Soda)


("Kemampuan baking soda untuk menyerap minyak membuatnya dapat digunakan untuk mengobati jerawat," kata Joshua Zeichner, M.D., direktur penelitian kosmetik dan klinis di bidang dermatologi di Mount Sinai Hospital. Foto: Celine Ruiz/Unsplash.com)

2. Dapat membersihkan dan meregenerasi kulit
Joshua Zeichner, M.D., direktur penelitian kosmetik dan klinis di bidang dermatologi di Mount Sinai Hospital mengatakan, "Baking soda dapat menyerap minyak dan membantu mengelupas sel-sel mati dari permukaan kulit, menjadikannya bahan yang bermanfaat jika Anda ingin membuat scrub dan masker sendiri."

Namun baking soda akan menyebabkan iritasi yang serius jika digunakan berlebihan. Zeichner menyarankan merek yang memiliki kulit sangat berminyak dan normal yang bisa menggunakan baking soda. 

3. Menyerap keringat berlebih
"Karena sifatnya yang menyerap, baking soda juga dapat digunakan sebagai bahan dalam deodoran buatan sendiri," kata Zeichner. Anda bisa mencampurnya dengan air dan mengaduknya sampai menjadi pasta. Setelah itu bisa digunakan pada ketiak Anda. Atau bisa juga dengan membeli deodoran yang mengandung baking soda jika ingin lebih praktis. 

4. Meringankan jerawat
"Kemampuan baking soda untuk menyerap minyak membuatnya dapat digunakan untuk mengobati jerawat," kata Zeichner. Mengoleskan sedikit ke jerawat dapat membantu mengeringkannya dalam jangka pendek, tetapi tidak akan benar-benar dapat menghilangkan jerawat secara keselurutahn, tambah Zeichner. 





(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id