Gaya hidup sehat perlu digerakkan untuk para penderita diabetes (Ilustrasi-Pexels)
Gaya hidup sehat perlu digerakkan untuk para penderita diabetes (Ilustrasi-Pexels)

Jangan Abaikan Gejala 3P dari Diabetes

Rona diabetes
A. Firdaus • 15 November 2019 19:00
Jakarta: Masih rendahnya literasi diabetes di tengah masyarakat Indonesia menjadi pekerjaan rumah bagi setiap penderita. Untuk itu perlu untuk mengetahui dan menyadari tentang bahaya diabetes.
 
Hasil Survey FKUI RSCM-Divisi metabolik endokrin menemukan, 1 dari 8 orang di Jakarta terkena diabetes. Mirisnya, 2 dari 3 orang yang terkena, tidak mengetahui kalau dirinya terkena diabetes.
 
"Angka ini belum termasuk jumlah penderita pra diabetes, yang diperkirakan jumlahnya enam kali lebih banyak dari penderita diabetes. Peningkatan pemahaman dan upaya pencegahan terhadap pra diabetes dan diabetes menjadi sebuah keharusan," ujar dr. Dante S. Harbuwono Sp.PD-KEMD, Phd pada acara konferensi pers: Komitmen Sun Life Meningkatkan Kesadaran Diabetes di Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk itu, menurut dr. Dante yang juga Kepala Divisi Metabolik Endokrin Departemen Penyakit dalam FKUI/RSCM, kita perlu mengetahui gejala yang diderita apakah terkena diabetes atau tidak.
 
"Jika seseorang sudah terkena diabetes, terdapat tiga gejala klasik yang dikenal dengan istilah 3P yaitu, Poliuri atau sering buang air kecil, Polifagi atau sering merasa lapar, dan Polidpsi atau sering merasa haus," terang dr. Dante.
 
Selain itu, penurunan berat badan tanpa disertai dengan sebab yang jelas, juga menjadi ciri yang perlu diperhatikan. Sayangnya, masyarakat masih kerap abai terhadap gejala ini. Faktanya, hanya 30 persen penderita diabetes di Indonesia yang memahami tentang diabetes dan cara penanganannya.
 
"Upaya efektifnya, memulai menerapkan gaya hidup sehat dengan cara menjaga pola makan sehat dan berimbang serta aktif bergerak. Kemudian menghindari diri dari rokok dan alkohol, serta membangun komunitas pendukung yang solid," tegas dr. Dante.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif