Saat kita mencari ikatan emosional, kita menginginkan hubungan khusus dengan orang lain pada tingkat emosional yang dalam. (Foto: Pexels.com)
Saat kita mencari ikatan emosional, kita menginginkan hubungan khusus dengan orang lain pada tingkat emosional yang dalam. (Foto: Pexels.com)

Seksual versus Keintiman Emosional, Apa Bedanya?

Rona psikologi
Timi Trieska Dara • 14 Juli 2019 12:40
Dalam psikologi mengggambarkan keintiman emosional sebagai kedekatan yang membutuhkan tingkat transparansi dan keterbukaan yang tinggi. Dalam suatu hubungan, keintiman emosional dapat bertindak sebagai formula untuk meningkatkan kesejahteraan emosional, dan kesehatan fisik juga.
 

Jakarta: Apakah seks, bahkan seks yang hebat, sama dengan keintiman? Apakah keintiman seksual adalah apa yang sebenarnya kita kejar? Kita sering mengungkapkan keinginan untuk mencintai dan dicintai, merasa aman dalam hubungan, dikenal dan diterima oleh seseorang dan berharap untuk berbagi mimpi dan kegagalan dengannya. 

Pahami jenis-jenis keintiman

Seringkali kita menggunakan istilah "intim" dalam konteks fisik semata. Kita menyebut pasangan sebagai "keintiman" untuk menyatakan mereka berada dalam hubungan seksual. Sebenarnya, itu penggunaan istilah yang sempit dan agak menyesatkan. 

Berikut beberapa jenis keintiman dari para ahli:

1. Intelektual (pertemuan penuh dari pikiran)
2. Eksperiantial (kedekatan dalam aktivitas sehingga Anda sinkron)
3. Seksual (ditandai dengan ekspresi sensual dan seksual bersama)
4. Emosional (ditandai dengan perasaan bersama, kepercayaan, dan kerentanan)

Keintiman seksual

Ada saat ketika haus akan hubungan seksual dan kerinduan itu bersifat fisik. Tak hanya merindukan hubungan seksual tetapi menginginkan tekanan dan kehadiran seseorang dalam semua keindahan sensualnya: rasa, aroma, suara, tekstur, dan tentu saja aspek visual yang menambah rasa. 
 
Ada saat ketika ingin (mengikutsertakan) seks, bukan bercinta. Ini dapat terjadi tanpa "keterikatan" apa pun, dengan sedikit kasih sayang, atau persahabatan. Sebagai orang dewasa, dapat dipahami nuansa berbagi peran tanpa melibatkan perasaan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Seksual versus Keintiman Emosional, Apa Bedanya?
(Dalam psikologi mengggambarkan keintiman emosional sebagai kedekatan yang membutuhkan tingkat transparansi dan keterbukaan yang tinggi. Foto: Pexels.com)

Keintiman emosional

Saat kita mencari ikatan emosional, diterima untuk diri kita sendiri, dicintai, berbagi kebahagiaan dan masa-masa sulit. Kita menginginkan hubungan khusus dengan orang lain pada tingkat emosional yang dalam.
 
Psikologi mengggambarkan keintiman emosional sebagai kedekatan yang membutuhkan, "Tingkat transparansi dan keterbukaan yang tinggi. Ini melibatkan tingkat kerentanan yang bisa membuat kita merasa tidak nyaman atau cemas."
 
Dalam suatu hubungan, keintiman emosional dapat bertindak sebagai formula untuk meningkatkan kesejahteraan emosional, dan kesehatan fisik juga.
 
Keintiman emosional tidak memerlukan kasih sayang fisik, meskipun bagi kebanyakan dari kita hal itu dapat ditingkatkan oleh sesuatu yang sederhana seperti ciuman di pipi atau memegang tangan.

Komunikasi penting untuk keintiman emosional

Kita bisa menikah dengan seseorang selama bertahun-tahun dan tidak pernah mencapai keintiman emosional. Ingat, keintiman bukanlah "tujuan" melainkan pengalaman atau serangkaian perasaan. 
 
Komunikasi adalah unsur penting dalam keintiman emosional, tetapi kita sering berkomunikasi secara dangkal tentang kehidupan keluarga, seperti membicarakan tentang pekerjaan, menyusun strategi keuangan dan jadwal, atau mengatur perihal biaya dan anak-anak.
 
Kita juga menggunakan humor, sarkasme, dan kegiatan untuk mengisi waktu bersama. Sengaja atau tidak, kita dapat "memalingkan dan melindungi" untuk menghindari kerentanan dan transparansi yang kita butuhkan untuk berkembang sebagai pasangan.
 
Gairah, cinta, seks, dan koneksi
Beberapa pria dan wanita merasa puas untuk menjaga hubungan seks jauh dari inti emosional mereka, yang membuat hidup mereka "tidak terlalu rumit." Seorang ibu tunggal yang secara eksplisit beroperasi dengan cara ini, mengingat bahwa berurusan dengan seorang mantan, membesarkan anak-anak, dan menahan sebuah pekerjaan dapat menyebabkan kelebihan emosi seperti itu.
 
Yang lain mendambakan konvergensi seksualitas dan tingkat kepercayaan, transparansi, kesepakatan, dan koneksi yang mendalam-definisi inti dari keintiman emosional-yang sangat tergantung pada waktu dan komunikasi.
 
Tetapi gairah tidak didasarkan pada keintiman emosional, seperti keintiman emosional tidak memerlukan kontak fisik. Dan cinta dapat terjadi pada pemindahan emosional atau dalam hal pemindahan seksual. Cinta, seks, koneksi ini adalah masalah campuran optimal yang nyaman dan memuaskan bagi kedua individu yang terlibat dalam hubungan.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif