NEWSTICKER
Serum wajah biasanya mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat untuk kulit Anda. (Ilustrasi/Pexels)
Serum wajah biasanya mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat untuk kulit Anda. (Ilustrasi/Pexels)

Mengenal Lebih dalam Manfaat Serum Wajah

Rona kecantikan keluarga
Raka Lestari • 08 Januari 2020 16:06
Jakarta: Serum wajah dapat membantu mengatasi sejumlah permasalahan kulit. Serum wajah biasanya mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat untuk kulit Anda.
 
Penggunaan serum biasanya dilakukan setelah pemakaian sabun wajah, sebelum menggunakan pelembap. 
 
"Serum adalah produk perawatan kulit yang dirancang untuk memberikan bahan aktif spesifik dengan konsentrasi tinggi ke kulit. Ada banyak jenis serum yang memiliki fungsi berbeda-beda, mulai dari hidrasi hingga pencerah kulit," kata Joshua Zeichner, MD, dokter kulit bersertifikat dan direktur penelitian kosmetik dan klinis di departemen dermatologi Mount Sinai Hospital, seperti dilansir nbcnews.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada umumnya, serum berwarna bening dengan bahan dasar gel atau cair dan tekstur yang senderung tidak terlalu tebal seperti pelembap. Serum juga biasanya diaplikasikan sebelum pelembap untuk membantu mengunci kelembapan kulit. 
 
“Molekul krim pada serum mampu menembus dan menghidrasi kulit pada tingkat yang paling dalam, sedangkan krim dengan tekstur yang lebih berat biasanya hanya mampu menembus pada lapisan atas kulit. Serum juga tidak berfungsi untuk menggantikan pelembap, tetapi untuk meningkatkan efek pelembap Anda,” kata ahli kecantikan selebriti Karee Hays.
 
Angela J. Lamb, MD, seorang ahli dermatologi bersertifikat dan associate professor di Icahn School of Medicine menambahkan, secara umum, serum mengandung antioksidan topikal termasuk vitamin A, C dan E. "Mereka juga mengandung retinol topikal dan bahan-bahan yang dapat meratakan warna kulit. Ketika dilapisi pelembap setelah penggunaan serum, maka dapat berguna untuk mengurangi keriput, pigmentasi dan kemerahan,” terangnya.
 
Tetapi jenis serum apa yang harus Anda cari secara spesifik?
 
"Kuncinya adalah mencari serum yang terdiri dari bahan-bahan alami, mengandung antioksidan, dan air karena dapat dapat memberikan dosis nutrisi yang terkonsentrasi, dan ketika diterapkan pada kulit yang baru saja dibersihkan, serum akan menembus lebih dalam,” kata Craig Kraffert, dokter kulit bersertifikat.
 
Dan karena bahan dalam serum bisa sangat beragam, sebaiknya pertimbangkan potensi sensitivitas kulit sebelum mencoba produk serum baru.
 
"Bahan aktif dalam serum cenderung lebih terkonsentrasi dan kadang-kadang dapat menyebabkan iritasi dan kekeringan pada mereka yang memiliki kulit sensitif. Cara terbaik adalah melapisi pelembab yang lebih substansial dengan serum jika kulit Anda cenderung sensitif atau kering,” saran dokter kulit bersertifikat dan ahli bedah kosmetik di New York City Fran Cook-Bolde, MD.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif