Bayi yang dilahirkan melalui operasi caesar lebih mungkin memiliki kepala bundar sempurna, meski tidak selalu. (Ilustrasi/Pexels)
Bayi yang dilahirkan melalui operasi caesar lebih mungkin memiliki kepala bundar sempurna, meski tidak selalu. (Ilustrasi/Pexels)

Fitur Fisik Bayi Baru Lahir dari Kepala Hingga Kaki

Rona bayi
Anda Nurlaila • 07 Januari 2020 14:11
Jakarta: Ketika pertama kali menatap bayi Anda, kemungkinan Anda akan berpikir si mungil sempurna. Tetapi Anda tidak memerhatikan bahwa tubuhnya memiliki beberapa perbedaan.  
 
Apakah hal tersebut normal atau tidak? Seperti dimuat dari Parents, ada panduan fisik bayi yang perlu orang tua ketahui dari ujung kepala hingga ke kakinya.
 
Kepala

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jika Anda melahirkan secara normal, kepala bayi mungkin memanjang atau cacat. "Bentuk kepala aneh adalah hasil dari bayi yang melewati jalan lahir," jelas profesor klinis pediatri di Sekolah Kedokteran Mount Sinai di New York City Richard L. Saphir.
 
Ada dua titik lembut di kepala bayi Anda, yang disebut fontanel yang membantu persalinan lebih mudah. Bentuk kepala bayi berangsur normal dalam dua minggu.
 
Bayi yang dilahirkan melalui operasi caesar lebih mungkin memiliki kepala bundar sempurna, meski tidak selalu. Kepala atas yang datar atau flat-tops lebih umum terjadi pada bayi sungsang.
 
Perubahan bentuk kepala berubah secara bertahap bahkan hingga satu tahun. Bayi baru lahir juga memiliki dagu yang tersembunyi. Hal ini alami dan bersifat sementara untuk memudahkan bayi menyusu.
 
Rambut
 
Beberapa bayi terlahir botak, yang lain penuh rambut. Tekstur dan warnanya mungkin sama-sama mengejutkan Anda.
 
Pasangan berambut pirang mungkin memiliki bayi dengan rambut gelap. Sementara orang tua berambut hitam sering terkejut membawa pulang rambut pirang. Bayi yang lahir terlambat mungkin memiliki rambut kasar dalam jumlah besar.
 
"Pada empat hingga enam bulan, sebagian besar rambut bayi baru lahir akan hilang," kata Saphir. Perubahan hormon setelah lahir menyebabkan folikel rambut bayi memasuki masa istirahat yang diikuti oleh pertumbuhan kembali.
 
Sebagian bayi lahir diselimuti lapisan rambut halus di sebagian besar tubuhnya. Rambut lembut dan berbulu halus ini yang disebut lanugo, menutupi semua bayi di dalam rahim.
 
Tetapi biasanya rontok beberapa minggu sebelum kelahiran. Meskipun sebagian bayi dilahirkan dengan lanugo, bayi prematur cenderung memiliki lebih banyak saat lahir daripada bayi cukup bulan. Dalam beberapa minggu secara alami rambut halus ini akan rontok.
 
Mata
 
Anda tidak akan pernah lupa saat pertama kali mata Anda bertemu dengan bayi Anda yang baru lahir. Namun momen lembut itu dapat dengan cepat digantikan oleh alarm: Mengapa bayi saya juling? "Hampir semua bayi baru lahir akan memiliki mata juling," kata Saphir.
 
"Sama seperti bayi  baru lahir tidak memiliki kekuatan otot dan koordinasi untuk merangkak, bayi baru lahir tidak memiliki kekuatan otot mata dan koordinasi untuk menyinkronkan gerakan mata."
 
Bayi Kaukasia yang dilahirkan dengan mata biru sebagian besar akan mengalami perubahan warna dalam beberapa bulan pertama. Mereka biasanya menjadi gelap sampai warna akhir mata muncul pada usia antara 6 dan 12 bulan. Bayi berkulit gelap biasanya dilahirkan dengan mata cokelat, yang cenderung tetap cokelat atau berubah warna gelap lainnya, seperti hijau tua.
 
Bayi yang dilahirkan melalui vagina juga mungkin memiliki beberapa bercak darah di bagian putih mata mereka akibat tekanan saat melewati  jalan lahir.  Ini akan hilang dalam beberapa hari.
 
Kulit
 
Kulit bayi Anda akan menjadi pertanda usia kehamilan. Bayi yang lahir lebih awal memiliki kulit yang tipis dan hampir tembus cahaya dan mungkin masih tertutup vernix, lapisan putih berminyak yang melindungi kulit janin dari cairan ketuban.
 
Sebaliknya, bayi yang lahir setelah hari perkiraan lahir hampir tidak memiliki lanugo dengan tampilan kulit berkerut, seolah-olah mereka telah terlalu lama berendam.
 
Bayi baru lahir keriput karena selama sembilan bulan mereka berada dalam cairan. Saat lahir bayi terpapar udara kering dan dehidrasi sehingga berkeriput.
 
Sistem peredaran darahnya belum cukup cepat, jadi ketika dia tidur, tangan dan kakinya mungkin terlihat kebiru-biruan. Jika Anda khawatir, angkat dan perhatikan, kulitnya akan kembali ke warna normal.
 
Bayi lahir biasanya memiliki beberapa ruam kulit. Yang paling umum adalah milia, titik-titik putih yang datar dan sangat kecil yang menyerupai jerawat. Milia sering muncul di wajah bukan jerawat tetapi hanya akibat keringat dan kelenjar minyak.
 
Milia menghilang dalam dua hingga tiga minggu, kata Saphir. Sementara itu, tidak apa-apa untuk mencuci area tersebut dengan sabun lembut dan air. "Jerawat bayi" yang sebenarnya dapat muncul setelah bulan pertama, tetapi tidak berbahaya dan hilang dengan sendirinya.
 
Tanda lahir
 
Bayi berkulit putih sering memiliki hemangioma, sekelompok pembuluh darah merah dekat dengan permukaan kulit dengan nama "gigitan bangau" atau "bercak salmon." Biasanya akan menghilang selama beberapa bulan, sementara yang muncul di belakang leher lebih cenderung bertahan.
 
Hemangioma stroberi lebih meningkat dan bertahan lebih lama, tetapi mereka juga kemungkinan besar bersifat sementara. Sebanyak 30 persen menghilang dalam tiga bulan; 60 persen dalam waktu enam bulan; dan 90 persen dalam sembilan bulan.
 
Bayi Asia, Afrika, dan bayi berkulit gelap lainnya dapat lahir dengan "bintik-bintik Mongolia," tanda lahir berpigmen di punggung bawah atau bokong. "Bintik-bintik Mongolia dapat bertahan, tetapi mereka menjadi kurang terlihat karena mereka menjadi lebih terang sedangkan bagian kulit lainnya menjadi lebih gelap," kata Stratbucker.
 
Tali pusar
 
Penjepit plastik kecil yang akan diletakkan di tunggul tali pusar bayi akan mengerut dan terlepas dalam rata-rata 10 hari. Anda tidak perlu menyeka tali pusat dengan alkohol secara kompulsif. "Ini luka terbuka dan Anda ingin menjaganya tetap bersih dan kering," kata asisten profesor pediatri di Rush University Medical Center di Chicago Bill Stratbucker. Dia menambahkan pusar bayi cukup dicuci dengan sabun lembut dan air.
 
Beberapa bayi mengalami pembengkakan di sekitar  tali pusat, di mana otot perut masih lemah. Hernia umbilical ini biasanya sembuh dengan sendirinya dalam sembilan bulan hingga satu tahun ketika otot-otot di sekitarnya lebih kuat.
 
Kaki
 
Jangan khawatir jika kaki bayi Anda terlihat seperti kaki merpati. Mereka bengkok ke dalam karena bayi  meringkuk di dalam rahim selama sembilan bulan. Setelah sekitar 6 bulan, kaki bayi akan menjadi lebih lurus.  Bayi mungkin tampak memiliki kaki rata, tetapi sebenarnya lengkungannya hanya disembunyikan oleh bantalan lemak.
 
Kuncinya adalah untuk mengingat bahwa tidak ada dua bayi yang sama, yang membuat setiap bayi begitu istimewa. “Seorang bayi akan terlihat berbeda dari saudara kandungnya atau tetangganya di kamar bayi,” kata Saphir. Jadi santai, dan nikmati keunikan bayi Anda.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif