Sindrom overtraining artinya Anda merasa lelah dan bangun tidur di pagi hari itu sulit. (Foto: Pexels.com)
Sindrom overtraining artinya Anda merasa lelah dan bangun tidur di pagi hari itu sulit. (Foto: Pexels.com)

Tanda-tanda Anda Mengalami Sindrom Overtraining

Rona kesehatan
Kumara Anggita • 24 Mei 2019 08:15
Sindrom overtraining artinya Anda merasa lelah dan bangun tidur di pagi hari itu sulit. Mungkin itu pertanda bahwa tubuh Anda belum cukup pulih dan Anda perlu mempertimbangkan untuk beristirahat.
 

Jakarta: Berkeringat di gym memang menyenangkan dan bikin ketagihan. Untuk beberapa orang, mereka bisa melakukannya berjam-jam atau setiap hari.
 
Walaupun seru, overtraining bisa membuat usaha Anda tidak berjalan efektif atau bahkan membahayakan tubuh Anda. Menurut Pelatih kebugaran, Scott Laidler sindrom overtraining adalah suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh didorong (melalui olahraga) di luar kemampuan alami untuk pulih. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Yang penting dalam gym itu tidak semata-mata tentang kelelahan semata namun yang diharapkan setiap kali Anda mengikuti latihan yang komprehensif.
 
Sindrom overtraining ringan pada dasarnya sama seperti terkena flu. Ini artinya Anda merasa lelah dan bangun tidur di pagi hari itu sulit. 
 
Dalam kasus ekstrem, ketika permintaan tubuh untuk pemulihan terus diabaikan, gejala neurologis, hormon, dan otot jangka panjang dapat terjadi.
 
Butuh waktu untuk mengenal tubuh Anda dan tahu betul kemampuannya. Setelah Anda belajar mengidentifikasi tanda-tanda sindrom overtraining Anda akan dapat secara mantap melakukan kegiatan gym dengan optimal.
 
Tanda-tanda Anda Mengalami Sindrom <i>Overtraining</i>
(Sindrom overtraining artinya Anda merasa lelah dan bangun tidur di pagi hari itu sulit. Foto: Pexels.com)

Berikut cara mengidentifikasinya
1. Detak jantung

Penting untuk mengetahui detak jantung Anda saat bangun tidur. Kisaran yang sehat adalah 60-100 detak per menit. Jika Anda berlebihan latihan maka Anda akan melihat bahwa detak jantung bangun Anda akan 10-15 kali per menit lebih tinggi dari biasanya. 
 
Menariknya, ini juga akan menjadi kasus ketika tubuh Anda berada pada tahap awal melawan penyakit. Jadi kapan pun Anda mendeteksi peningkatan detak jantung, istirahat dan mungkin mempertimbangkan beberapa tindakan pencegahan, seperti suplemen antioksidan.

2. Insomnia

Jika Anda lelah dan ingin berbaring tapi walaupun sudah di tempat tidur Anda tetap tidak bisa tidur maka ini menjadi tanda bahwa Anda berlatih berlebihan. Cara terbaik adalah mengambil beberapa hari libur dari gym untuk memulihkan dan membiarkan hormon dan sistem saraf pusat mengembalikan keseimbangan mereka.

3. Perubahan emosi

Sindrom overtraining memiliki pengaruh lain selain fisik semata. Ini karena peran dari hormon Anda. Alhasil, Anda akan menghadapi perubahan emosional seperti kurangnya motivasi dan merasa memiliki harga diri yang lebih rendah. Dalam kasus-kasus lanjut, bahkan depresi juga muncul.

4. Nyeri otot

Sehabis latihan wajar saja nyeri-nyeri muncul namun jika sakit Anda berlangsung selama tiga hingga empat hari dan lebih, mungkin itu pertanda bahwa tubuh Anda belum cukup pulih dan Anda perlu mempertimbangkan untuk beristirahat sejenak dari latihan.
 
Misalnya, penderita sindrom overtraining sering melaporkan rasa sakit di kaki dan pinggul mereka, bahkan ketika mereka belum secara langsung berlatih yang berfokus di area sana.

5. Penampilan yang buruk

Mungkin indikator overtraining yang paling mudah ditemukan adalah penampilan yang buruk saat di gym. Umumnya, semua latihan harus didokumentasikan. Ini membantu Anda untuk mengevaluasi penampilan Anda. 
 
Dua atau tiga latihan buruk merupakan tanda peringatan besar bahwa waktu yang baik untuk fokus pelatihan baru atau istirahat.
 
Itulah tanda-tanda sindrom overtraining. Jangan terlalu keras dengan tubuh Anda, cobalah untuk bekerja sama dengannya. Dengan seperti itu, hasil yang didapatkan akan lebih memuaskan.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif