Bergerak merupakan salah satu aktivitas yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan produktifitas keseharian.(Ilustrasi/Pexels).
Bergerak merupakan salah satu aktivitas yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan produktifitas keseharian.(Ilustrasi/Pexels).

4 Gerakan yang Bisa Latih Kesehatan Tubuh

Rona tips kesehatan
Sunnaholomi Halakrispen • 05 Desember 2019 14:06
Jakarta: Bergerak merupakan salah satu aktivitas yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan produktifitas keseharian. Setidaknya, ada empat gerakan sederhana yang bisa melatih kesehatan tubuh.
 
"Anak kecil itu harus 4L, yaitu lompat, loncat, lempar, dan lari. Ini bisa buat orang dewasa tapi terutama untuk anak-anak," ujar Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga Kementerian Kesehatan RI, drg. Kartini Rustandi, dalam Kampanye Gerak Tak Terbatas dan Aplikasi Gerak 2.0 dari Rexona, di M Bloc Live House, Jakarta Selatan, Rabu, 4 Desember 2019.
 
Gerakan 4L tersebut, sadar atau tidak, sesungguhnya telah dilakukan setiap orang sejak kecil. Namun, kata drg. Kartini, orang tua sering kali melarang karena khawatir anaknya terjatuh.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Padahal pengalaman jatuh itu melatih anak-anak. Bagaimana merasakan dan menanganinya. Kalau di sekolah ada pelajaran olahraga yang saat ini mungkin kita rasa masih kurang," tuturnya.
 
Selain berolahraga di sekolah sekaligus memenuhi nilai mata pelajaran olahraga, perlu juga melatih gerakan otot anak dengan bermain. Misalnya, bermain bola, petak umpet, benteng-bentengan, dan sebagainya.
 
"Harusnya biarkan saja anak-anak bebas melakukan 4L. Tapi orang tua juga perlu tetap memantaunya, supaya tidak terjadi hal yang membahayakan," ucapnya.
 
Drg. Kartini menyatakan bahwa anak-anak sebaiknya bergerak minimal 60 menit dalam sehari. Sebab, anak-anak sedang dalam masa pertumbuhan dan perlu diberikan keleluasaan dalam bergerak.
 
Contohnya ketika menyaksikan tayangan yang lucu, anak-anak akan tertarik dan biasanya lompat-lompat.
 
Sedangkan untuk orang dewasa, minimal 30 menit setiap hari harus bergerak. Cara ini dilakukan untuk mempersiapkan dan memperbaiki gaya hidup atau lifestyle.
 
"Kalau jalan jangan pelan, tapi cepat supaya melatih jantung. Kalau orang lanjut usia memang harus terbatas bahkan ada kursi khusus seperti di bandara dan MRT. Yang penting harus bergerak," imbuhnya.
 
Sesibuk apapun, upayakan tetap bergerak dan hal ini bisa terwujud dengan dimulai dari diri sendiri. Bergerak bahkan memberikan manfaat, bagaimana bisa mengontrol berat badan dan menjadi lebih sehat.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif