Apakah benar saat menstruasi, seorang wanita tetap berpeluang untuk hamil? Simak informasinya. (Foto: Pexels.com)
Apakah benar saat menstruasi, seorang wanita tetap berpeluang untuk hamil? Simak informasinya. (Foto: Pexels.com)

Bisakah Hamil pada Masa Menstruasi?

Rona kehamilan
Anda Nurlaila • 03 Juli 2019 07:00
Amanda Kallen Asisten profesor kebidanan, ginekologi, dan ilmu reproduksi di Yale School of Medicine mengatakan menstruasi adalah perdarahan secara alami yang terjadi dua hingga tujuh hari pada akhir siklus menstruasi. Kallen menjabarkan lagi seorang wanita mungkin dapat hamil pada periode menstruasi ketika siklus menstruasi berlangsung lebih lama sehingga ia mulai berovulasi. 
 

Jakarta: Masa menstruasi bagi banyak wanita adalah waktu yang kurang menyenangkan. Kram perut, mengidam makanan tertentu, perubahan suasana hati dan kelelahan kerap dirasakan wanita.
 
Selain itu, ada anggapan bahwa saat menstruasi tidak akan terjadi kehamilan. Namun hal ini salah. Saat menstruasi, seorang wanita tetap berpeluang untuk hamil. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Setiap menstruasi adalah perdarahan tetapi tidak setiap perdarahan merupakan menstruasi," ungkap Asisten profesor kebidanan, ginekologi, dan ilmu reproduksi di Yale School of Medicine Amanda Kallen kepada Health. 
 
Kallen menjelaskan menstruasi adalah perdarahan secara alami yang terjadi dua hingga tujuh hari pada akhir siklus menstruasi. Ini berarti bahwa seorang wanita tidak hamil, tetapi mengulang kembali siklusnya dan akan berovulasi dalam beberapa minggu. 
 
Namun ada alasan lain seorang wanita mengalami perdarahan melalui vagina. Siklus menstruasi yang tidak teratur, polip, dan gejala awal kehamilan dapat menyebabkan perdarahan. Sebagian wanita keliru dan menganggapnya menstruasi. 
 
Bisakah Hamil pada Masa Menstruasi?
(Amanda Kallen Asisten profesor kebidanan, ginekologi, dan ilmu reproduksi di Yale School of Medicine mengatakan seorang wanita mungkin dapat hamil pada periode menstruasi ketika siklus menstruasi berlangsung lebih lama sehingga ia mulai berovulasi. Foto: Pexels.com)
 
“Risiko di sini, pendarahan bisa diartikan sebagai menstruasi. Wanita mungkin berpikir ia aman, tetapi dia tidak benar-benar aman dari siklusnya,” kata Kallen.
 
Bagaimana dan kapan seorang wanita benar-benar sedang menstruasi? 
Kallen mengatakan, seorang wanita mungkin dapat hamil pada periode menstruasi ketika siklus menstruasi berlangsung lebih lama sehingga ia mulai berovulasi. 
 
“Jika wanita berhubungan seks di akhir siklusnya dan kebetulan berovulasi beberapa hari sebelumnya, sperma masih bisa berada di saluran reproduksi. Wanita dapat hamil karena sperma dapat hidup berhari-hari di sana," kata Kallen.
 
Sel sperma dapat hidup hingga lima hari di dalam saluran reproduksi wanita. Sehingga peluang salah satu sel sperma bertahan hingga wanita mengalami ovulasi. Belum lagi, banyak siklus wanita tidak sempurna selama 28 hari, jadi periode yang lebih pendek dan ovulasi yang lebih lama memberi sperma kesempatan membuahi sel telur.
 
Jika menggunakan metode kontrasepsi dengan benar, peluang hamil di masa menstruasi lebih rendah. Sebab sebagian besar KB mencegah pengeluaran telur. Kendati begitu tidak ada metode KB yang 100 persen efektif. Meski kecil tetap ada kemungkinan hamil saat menstruasi dan menggunakan kontrol kelahiran. 
 
Anda bisa berkonsultasi pada dokter spesialis kandungan untuk memeriksa bagaimana siklus menstruasi Anda saat ini. Anda bisa ke beberapa rumah sakit seperti Mayapada Hospital, Siloam Hospital Kebon Jeruk, atau Rumah Sakit Pondok Indah Puri Indah.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif