Megirim hampers Lebaran bisa jadi salah satu pilihan agar Anda tetap merasa terhubung dan mengurangi rasa sedih. (Foto: Dmitry Mashkin/Unsplash.com)
Megirim hampers Lebaran bisa jadi salah satu pilihan agar Anda tetap merasa terhubung dan mengurangi rasa sedih. (Foto: Dmitry Mashkin/Unsplash.com)

5 Kegiatan Atasi Sedih Saat Lebaran di Tengah Pandemi Covid-19

Rona psikologi kesehatan mental covid-19 pandemi Lebaran 2020
Kumara Anggita • 25 Mei 2020 12:00
Jakarta: Lebaran kali ini tidaklah sama seperti Lebaran sebelum-sebelumnya karena kehadiran covid-19. Beberapa orang tak bisa pulang, tak bisa ibadah langsung di masjid, dan tak bisa makan enak dengan keluarga.
 
Bagi banyak orang, suasana ini dapat saja membuat sedih bahkan stres berat. Menurut Yulius Steven, M.Psi., Psikolog, dari Sahabat Kariib menerangkan bahwa emosi negatif itu muncul karena rutinitas perayaan Anda berubah. 
 
“Suasana Lebaran memang berbeda dibanding biasanya, itu sangat mungkin membuat orang menjadi lebih stres bahkan stres yang mendalam. Kenapa seseorang merasa sedih, tak puas ketika di Lebaran ini yang barengan dengan covid-19? Pertama kan kita manusia hidup dengan rutinitas,” ujarnya saat dihubungi Medcom.id.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tak hanya itu, Anda juga berada dalam kondisi yang tak pasti. “Ketidakpastian di covid-19, di prospek covid-19 ke depannya dan sebagainya. Kalau kita dihadapkan dengan hal tidak pasti ini, itu menjadi ancaman buat diri kita karena pada dasarnya manusia mencari keseimbangan,” ujarnya. 
 

Cara mengatasi emosi negatif saat Lebaran ini menurut Yulius antara lain bisa Anda lakukan:

 

1. Melepaskan

Mengingat tak ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menghentikan pandemi ini maka Anda harus melepaskannya. Relakan kondisi ini dan jalankan dengan ringan. 
 
“Untuk mengtasinya, mau tak mau ini adalah hal yang tidak bisa kita kontrol. Kalau hal itu tak bisa dikendalikan mau bagaimanapun kita tak ada kuasa karena ini sifatnya alami, natural, dan sebagainya,” ujarnya.

2. Modifikasi rutinitas

“Kita bisa memodifikasi atau adaptasi hal-hal lain yang masih bisa kita kontrol. Misalnya kalau tak bisa ketemu keluarga, kita melakukan hal-hal lain seperti bertemu secara virtual dan sebagainya,” paparnya.
 
“Di virtual itu bisa sama-sama makan ketupat bereng. Itu orang bisa coping dengan stres yang terjadi karena pandemi,” sarannya. 

3. Dekatkan diri dengan Tuhan

Ingatlah bahwa ini adalah hari untuk Tuhan. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan ritual agama untuk berkomunikasi dengannya. Stres Anda pasti akan berkurang.
 
“Karena ini terkait dengan perayaan agama jadi ritual religius sangat berpengaruh besar. Mengingat lagi di rumah saja. Lebih banyak privasi dan waktu dengan Tuhan, hal itu bisa sedikit menenangkan. Ini bisa mengatasi stres berlebihan yang dialami,” ujarnya.

4. Kirim-kirim hadiah

Karena tidak bisa datang secara fisik ke orang-orang yang Anda pedulikan maka Anda bisa menggantikan tindakan sosial itu dengan memgirim sesuatu ke mereka. Hal ini membantu Anda terhubung dengan orang lain yang hasilnya memberikan perasaan positif pada diri sendiri. 
 
“Selain itu bisa saling kirim-kiriman hampers. Kita kembali connect ke sosial walaupun kita sedang physical distancing. Dengan cara ini, kita bisa mengobati rasa kangen kita pada orang tersebut dan ketika orang tersebut menerima hampers, kita juga bisa merasakan perasaan bahagia,” jelasnya. 
 
“Hal ini bisa sedikit demi sedikit mengurangi rasa stres atau cemas yang kita alami saat Lebaran. Ini juga bisa memperkuat tali silaturahmi dan memperkuat hubungan sosial kita dengan orang lain,” lajutnya.

5. Melakukan kegiatan yang menyenangkan

“Atau bisa juga dengan menyibukkan diri. Setelah menghubungi orang tua, setelah menelepon keluarga, atau orang yang jauh di sana, kita bisa lanjutkan dengan kegiatan porduktif seperti olahraga atau mencoba masakan baru dan sebagainya,” jelasnya. 
 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif