Terkadang menggosok mata memberi kepuasan tersendiri dan hal tersebut ada alasannya.(Ilustrasi?pexels)
Terkadang menggosok mata memberi kepuasan tersendiri dan hal tersebut ada alasannya.(Ilustrasi?pexels)

Dampak Negatif Menggosok Mata Berlebihan

Rona kesehatan mata
Raka Lestari • 15 Januari 2020 08:07
Jakarta: Menatap layar computer cukup lama atau kelilipan sesuatu di mata membuat Anda harus sering menggosok mata. Dan terkadang menggosok mata memberi kepuasan tersendiri dan hal tersebut ada alasannya.
 
Menggosok mata merangsang saraf vagus, yang dapat memperlambat detak jantung Anda dan menghilangkan stres. Namun sayangnya, menggosok mata berlebihan dapat mengakibatkan kerusakan yang signifikan. Mulai dari penyakit mata sampai infeksi mata.
 
Berikut beberapa efek yang biasa terjadi jika Anda menggosok mata secara berlebihan, seperti dilansir thehealthy.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anda akan mengalami penyakit mata serius
 
"Menggosok mata secara berlebihan dapat mengakibatkan melemahnya kornea dan distorsi kornea yang disebut keratoconus," kata Mark Mifflin, MD, seorang profesor oftalmologi di University of Utah. 
 
Menurutnya, menggosok terus-menerus jaringan kornea dapat menyebabkannya menipis dan menyebabkannya lebih berbentuk kerucut. Jika kerusakannya cukup parah, Anda mungkin memerlukan transplantasi kornea.
 
Anda dapat menggores kornea mata 
 
Bulu mata atau potongan debu di mata dapat mengiritasi, membuat Anda ingin menggosok mata. Akan tetapi, hal itu bisa memperburuk situasi. Anda dapat meningkatkan risiko menggores kornea mata, suatu kondisi umum yang biasanya sembuh dalam satu atau dua hari tetapi dapat menyebabkan luka jika tidak diobat. 
 
Dapat memperparah glukoma 
 
Menurut profesor Charles McMonnies dari School of Optometry and Vision Science di University of New South Wales, jika Anda sudah memiliki kondisi mata yang serius seperti glukoma, dengan menggosok mata akan dapat memperparah kondisinya.  Glaukoma disebabkan oleh penumpukan cairan di bagian depan mata Anda, yang dapat merusak saraf optik dan akhirnya menyebabkan kebutaan.
 
Menggosok mata dapat mengganggu aliran darah, menyebabkan kerusakan saraf dan kehilangan penglihatan permanen.
 
Menyebabkan infeksi 
 
Tidak peduli seberapa sering Anda mencuci atau membersihkan tangan Anda, tangan tetap bisa menjadi tempat berkumpulnya kuman dan bakteri. Menyentuh mata Anda dengan tangan dapat memindahkan bakteri yang dapat menyebabkan konjungtivitis, menurut American Optometric Association. Jika mata Anda terinfeksi, kompres dengan air hangat dapat membantu meredakannya.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif