Beberapa orang percaya meniup hidung membantu dalam pemulihan cepat. Meniup hidung juga dipercaya mampu membebaskan hidung yang tersumbat. (Foto: Pexels.com)
Beberapa orang percaya meniup hidung membantu dalam pemulihan cepat. Meniup hidung juga dipercaya mampu membebaskan hidung yang tersumbat. (Foto: Pexels.com)

Bahaya Meniup Hidung Saat Flu

Rona virus flu burung meniup hidung saat flu
Dhaifurrakhman Abas • 14 Juli 2019 13:38
Dr J. Owen Hendley dari University of Virginia mengungkapkan meniup hidung memberi tekanan besar pada rongga hidung yang setara dengan pembacaan tekanan darah diastolik. Meskipun masih belum jelas apakah masuknya lendir di sinus berbahaya atau tidak, tetapi kata Hendley, hal ini rentan menyebabkan masuknya virus atau bakteri ke dalam sinus.
 

Jakarta: Apa yang Anda lakukan ketika hidung tersumbat karena flu? Kebanyakan orang barang kali akan meniup udara dari hidung agar ingus yang menyumbat keluar seketika.
 
Beberapa orang percaya meniup hidung membantu dalam pemulihan cepat. Meniup hidung juga dipercaya mampu membebaskan hidung yang tersumbat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Akan tetapi hal ini bisa membuat flu Anda semakin parah. Ini menyebabkan aliran lendir masuk ke dalam sinus dan memperlambat proses drainase.
 
Sebuah tes yang dilakukan Dr J. Owen Hendley dan rekan kerjanya dari University of Virginia mengungkapkan, batuk dan bersin bahkan menghasilkan sedikit tekanan pada rongga hidung dibandingkan dengan meniup udara dari hidung. 
 
Katanya, batuk dan bersin hanya menghasilkan sepersepuluh tekanan yang ditimbulkan dibandingkan meniup udara dari hidung.
 
"Ketika seseorang meniup hidungnya, setiap hidung dapat memindahkan sekitar satu milimeter lendir ke dalam sinus," kata Hendley, dikutip dari Times of India.
 
Bahaya Meniup Hidung Saat Flu
(Dr J. Owen Hendley dari University of Virginia mengungkapkan meniup hidung memberi tekanan besar pada rongga hidung yang setara dengan pembacaan tekanan darah diastolik. Foto: Pexels.com)
 
Hendley mengatakan, meniup hidung memberi tekanan besar pada rongga hidung yang setara dengan pembacaan tekanan darah diastolik. Meskipun masih belum jelas apakah masuknya lendir di sinus berbahaya atau tidak, tetapi kata Hendley, hal ini rentan menyebabkan masuknya virus atau bakteri ke dalam sinus.
 
"Dan ketika Anda sakit dapat menyebabkan infeksi lebih lanjut," ujar dia.
 
Lantas bagaimana cara yang tepat untuk meniup udara agar hidung tak tersumbat?
Menurut Hendley, cara terbaik untuk menyingkirkan sumbatan adalah dengan meniup udara pada satu lubang hidung, bukan dari dua lobang hidug sekaligus. Dia juga menganjurkan penderita flu menggunakan dekongestan.
 
"Ini untuk mencegah penumpukan tekanan berlebih pada sinus hidung," beber dia.
 
Selain itu, Hendley bilang, cara terbaik untuk menghilangkan hidung tersumbat dengan memulai pengobatan sebelum flu menjadi parah. Semakin cepat pengobatan dilakukan akan semakin baik. 
 
"Lakukan pengobatan segera, jangan sampai menunggu satu atau dua hari untuk melihat apakah flu akan sembuh dengan sendirinya," tandasnya.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif