Ilustrasi--Pexels
Ilustrasi--Pexels

Manfaat Mandi Air Hangat untuk Anak

Rona tips kesehatan
Sunnaholomi Halakrispen • 10 Oktober 2019 14:31
Jakarta: Mandi menggunakan air hangat terkadang membuat lebih nyaman dibandingkan mandi air dingin. Sebab, bisa memberikan efek relaksasi yang membuat beristirahat lebih baik setelah lelah. Apalagi ketika sedang jatuh sakit. Namun ternyata, ada manfaat lain bagi anak-anak.
 
Untuk kesehatan kulit, mandi dengan air hangat dapat membantu menjaga kelembapan kulit. Sebab, suhu air yang terlalu dingin dan terlalu panas akan membuat kulit menjadi kering.
 
"Mandi dengan air hangat juga membantu bayi meregulasi suhu tubuhnya. Di sisi lain, mandi air hangat juga bisa membuat tubuh lebih rileks sehingga dapat berisitrahat dan tidur dengan nyenyak," ujar dr. Srie Prihianti Gondokaryono, SpKK, PhD, FINSDV, FAADV dalam talkshow bersama Ariston, di Hotel 101 Suryakencana, Bogor.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dokter ahli kulit keluarga itu memaparkan, hla tersebut bukan hanya berlaku bagi orang dewasa. Tetapi, juga untuk anak-anak. Ia pun menekankan bahwa mandi dua kali sehari penting bagi kesehatan, apalagi bagi masyarakat yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia.
 
Sementara itu, suhu air mandi ideal ialah yang sesuai dengan suhu tubuh atau sekitar 36-37 derajat celsius. Lantaran menentukan suhu air akan membutuhkan alat yang dapat mengukur dengan pasti.
 
Sulit untuk mengukur suhu air memakai perasaan atau hanya ketika memanaskan air dengan cara memasak di kompor. Agar tidak khawatir mengira-ngira suhu air, salah satu cara terbaik ialah menggunakan alat khusus, seperti water heater. 
 
Dwi Handayani selaku influencer dan ibu dari satu anak, mengakui kekhawatirannya. Selama ini dia tidak memahami adanya suhu yang ideal untuk bayi, anak, dan orang dewasa. 
 
"Kedepannya saya akan lebih teliti dan mengatur suhu air dengan baik. Tentu jika memakai water heater seperti Ariston, mengatur suhu sangatlah mudah karena alat yang sudah canggih," akunya.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif