Pasangan Masih Berhubungan dengan Mantan? Ini yang Harus Anda Lakukan

Raka Lestari 23 Juli 2018 08:00 WIB
romansapsikologi
Pasangan Masih Berhubungan dengan Mantan? Ini yang Harus Anda Lakukan
Berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan jika pasangan Anda masih sering berhubungan dengan mantan pasangan mereka. (Foto: Hunter Newton/Unsplash.com)
Jakarta: Tidak semua perpisahan selalu berakhir dengan permusuhan. Salah satunya adalah mungkin perpisahan pasangan Anda dengan mantan pasangannya yang terdahulu sehingga keduanya masih memiliki hubungan yang baik sampai sekarang.

Bahkan mungkin masih sering melakukan kontak dengan mereka atau hanya sekedar mengobrol melalu pesan singkat atau secara langsung.

Jika Anda merasa tidak nyaman dengan hal tersebut, tidak perlu langsung menuduh pasangan Anda tidak setia kepada Anda. Lebih baik coba untuk memikirkannya terlebih dahulu sebelum bertanya kepada pasangan. 


Berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan jika pasangan Anda masih sering berhubungan dengan mantan pasangan mereka.

1. Apakah Anda merasa aman dalam hubungan Anda?
Menentukan apakah komunikasi antara pasangan Anda dan mantan mereka sehat tergantung pada faktor-faktor penting seperti seberapa kuat hubungan Anda dengan pasangan saat ini, sudah berapa lama hubungan mereka berakhir, dan apakah masih ada rasa yang tersisa. 

Dr QuaVaundra Perry, seorang psikolog mengatakan jika hubungan Anda dan pasangan saat ini sedang goyah, sangat mungkin bagi pasangan untuk kembali menghubungi mantan pasangan mereka.

"Namun jika hubungan Anda saat ini baik-baik saja, jeda antara hubungan mereka yang lalu dan hubungan Anda yang sekarang sudah cukup, dan tidak ada perasaan yang masih tersisa di antara mereka itu mungkin tidak menjadi ancaman bagi hubungan Anda yang sekarang," ujar Dr Perry.


(Dr QuaVaundra Perry, seorang psikolog mengatakan jika hubungan Anda dan pasangan saat ini sedang goyah, sangat mungkin bagi pasangan untuk kembali menghubungi mantan pasangan mereka. Foto: Jonas Weckschmied/Unsplash.com)

(Baca juga: Trik Move On dari Mantan Kekasih)

2. Seberapa sering menghubungi mantan pasangan?
"Anda perlu merasa khawatir jika pasangan Anda bersikap defensif atau merahasiakan percakapan antara mereka dengan mantan pasangannya," kata Dr Perry. 

"Jika itu benar-benar hubungan yang sehat dengan mantan, pasangan Anda harus bersedia untuk bersikap terbuka terhadap Anda." Dr Perry juga mengatakan Anda boleh merasa khawatir jika pasangan Anda lebih sering berkomunikasi dengan mantan pasangannya daripada berkomunikasi dengan Anda. 

3. Bagaimana respons pasangan Anda?
Karena mantan pasangan merupakan topik pembicaraan yang cukup sensitif, mungkin bisa jadi Anda perlu pendekatan secara khusus. Dr Perry menyarankan agar Anda mengamati pola komunikasi mereka selama jangka waktu tertentu, barulah Anda membicarakannya dengan pasangan Anda. 

"Seorang pasangan yang peduli akan berusaha untuk mendengarkan jika Anda merasa tidak nyaman dengan apa yang mereka lakukan dan berusaha untuk memperbaikinya," ujar Dr Perry. "Jika pasangan Anda tampak defensif atau meremehkan kekhawatiran Anda, kemungkinan itu adalah pertanda bahwa hubungan mereka jauh lebih dekat dari yang Anda duga."





(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id