Lima Tips Menghindari Infeksi Mata saat Menggunakan Lensa Kontak

Sri Yanti Nainggolan 18 Oktober 2018 12:45 WIB
tips kesehatan
Lima Tips Menghindari Infeksi Mata saat Menggunakan Lensa Kontak
(Foto: Reader Digest)
Jakarta: Lensa kontak menjadi pilihan ketika seseorang enggan memakai kacamata. Namun, bila tak hati-hati, alat bantu yang bisa memperindah mata ini dapat menyebabkan infeksi. 

Sebelum menggunakan lensa kontak, ada beberapa hal yang harus Anda pahami, seperti dilansir dari The Health Site.

1. Cuci tangan


Sebelum menyentuh lensa kontak, cucilah tangan dengan menggunakan air dan sabun agar higienis. Setelah menempelkan lensa kontak pada mata, cuci kembali tangan.

2. Ganti secara teratur

Hindari tidur dengan masih menggunakan lensa kontak, dan gantilah lensa kontak secara teratur. Jangan sampai Anda masih menggunakan lensa kontak yang sudah kedaluwarsa.

3. Simpan dengan benar

Simpanlah lensa kontak pada wadah yang disarankan untuk menghindari infeksi yang berhubungan dengan lensa. Gunakan cairan khusus untuk membersihkan lensa kontak, bukan air keran atau air biasa. 

4. Berhenti merokok

Selain baik untuk kesehatan secara keseluruhan, berhenti merokok juga sangat disarankan bagi pengguna lensa kontak. Beberapa studi menyebutkan bahwa dibandingkan non-perokok, perokok yang menggunakan lensa kontak lebih mudah terkena infeksi mata. 

5. Hindari lensa kontak berwarna

Meskipun diklaim tak berbahaya dan dijual di pasaran, lebih baik hindari lensa kontak yang berwarna. Jenis lensa ini dapat menyebabkan kerusakan mata dan penglihatan yang tidak dapat diperbaiki.
 



(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id