Menurut Wall Street Journal ternyata secangkir kopi hangat ketika cuaca dingin justru bisa bekerja sebaliknya. (Foto: Nathan Dumlao/Unsplash.com)
Menurut Wall Street Journal ternyata secangkir kopi hangat ketika cuaca dingin justru bisa bekerja sebaliknya. (Foto: Nathan Dumlao/Unsplash.com)

Alasan Mengapa Anda Sebaiknya Tidak Minum Kopi di Cuaca Dingin

Rona kesehatan
Raka Lestari • 24 Desember 2018 10:40
Jakarta: Ketika suhu turun dan cuaca menjadi dingin, secangkir kopi panas mungkin tampak seperti ide yang sangat bagus untuk membantu menghangatkan tubuh Anda. 
 
Namun ternyata, menurut Wall Street Journal, ternyata secangkir kopi hangat ketika cuaca dingin justru bisa bekerja sebaliknya. 
 
Mengapa hal ini terjadi? Dikutip dari Reader's Digest, secara umum, tubuh kita lebih hangat daripada lingkungan kita dan tubuh kita mengeluarkan panas. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, ketika suhu lingkungan menjadi dingin, tubuh Anda bereaksi dengan menggigil, menghasilkan lebih banyak panas pada suhu inti Anda. 
 
Mengonsumsi kopi cukup banyak pada hari yang dingin kemungkinan akan menyebabkan Anda lebih sering buang air kecil karena kafein bersifat diuretik. 
 
(Baca juga: 7 Minuman untuk Menguras Racun dalam Sistem Pencernaan)
 
Alasan Mengapa Anda Sebaiknya Tidak Minum Kopi di Cuaca Dingin
(Mengonsumsi kopi cukup banyak pada hari yang dingin kemungkinan akan menyebabkan Anda lebih sering buang air kecil. Foto: Tylner Nix/Unsplash.com)
 
"Dan itu adalah cara lain untuk menghilangkan panas karena cairan itu jauh lebih hangat daripada lingkungan sekitarnya," kata Alan Hedge, direktur Human Factors and Ergonomics Laboratory di Cornell University. 
 
Minuman lain yang tidak akan menghangatkan Anda adalah Alkohol. Alkohol juga bersifat diuretik yang dapat menyebabkan pembuluh darah membesar, kata Hedge. Itu sebabnya beberapa orang yang minum minuman beralkohol dalam suhu dingin dapat berakhir dengan hipotermia.
 
Jadi apa yang bisa Anda minum untuk menghangatkan Anda? Hedges memepelajari tips yang dilakukan oleh bangsaMongolia.
 
"Orang-orang Mongol minum susu kuda segar yang hangat, yang memberi mereka kemampuan untuk mendapatkan asupan makanan tinggi kalori yang membuat mereka tetap hangat," kata Hedge. 
 
Atau jika mudahnya di Indonesia Anda bisa mencari jahe dan campurkan dengan air hangat serta madu. Atau segelas air hangat dengan sereh dan madu juga bisa jadi alternatif minuman hangat lainnya.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif