Dalam beberapa kasus, perubahan pola makan dan penurunan berat badan dapat membantu membalikkan sensitivitas insulin yang dialami oleh penderita diabetes tipe 2. (Foto: Pexels.com)
Dalam beberapa kasus, perubahan pola makan dan penurunan berat badan dapat membantu membalikkan sensitivitas insulin yang dialami oleh penderita diabetes tipe 2. (Foto: Pexels.com)

Mengendalikan Diabetes Tipe 2 Tanpa Obat

Rona kesehatan diabetes
Torie Natalova • 23 April 2019 13:19
Diabetes dapat menyebabkan sejumlah komplikasi kesehatan jika tidak dikelola dengan baik, seperti penyakit jantung, kebutaan dan kerusakan syaraf. Mempertahankan berat badan yang sehat, makan makanan bergizi dan olahraga teratur dapat membantu mengatasi kondisi ini.
 

 
Jakarta:
Diabetes tipe 2 adalah kondisi kronis yang terjadi ketika tubuh Anda tidak dapat lagi mengontol jumlah gula dalam darah Anda. Diabetes dapat menyebabkan sejumlah komplikasi kesehatan jika tidak dikelola dengan baik, seperti penyakit jantung, kebutaan dan kerusakan syaraf.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mempertahankan berat badan yang sehat, makan makanan bergizi dan olahraga teratur dapat membantu mengatasi kondisi ini. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengelola diabetes dan menjadikannya bagian dari kehidupan sehari-hari.
 
Dalam beberapa kasus, perubahan pola makan dan penurunan berat badan dapat membantu membalikkan sensitivitas insulin yang dialami oleh penderita diabetes tipe 2. Beberapa rekomendasi perubahan gaya hidup berikut diyakini dapat membantu mengelola diabetes tipe 2.
 
(Baca juga: Kenali Tiga Tanda Klasik Diabetes)

1. Kurangi karbohidrat

Kita semua membutuhkan karbohidrat untuk bertahan hidup. Tetapi, jenis dan jumlah yang Anda konsumsi dapat membuat perbedaan dengan kondisi Anda.
 
Penderita diabetes tipe 2 dianjurkan mengurangi karbohidrat karena akan menurunkan jumlah insulin yang dibutuhkan tubuh untuk diproduksi. Ganti karbohidrat dengan roti gandum, sereal, buah utuh, coba juga quinoa dan couscous sebagai alternatif pasta.
 
Mengendalikan Diabetes Tipe 2 Tanpa Obat
(Mempertahankan berat badan yang sehat, makan makanan bergizi dan olahraga teratur dapat membantu mengatasi diabetes tipe 2. Foto: Pexels.com)

2. Memahami indeksi glikemik

Indeks glikemik dapat memberitahu Anda makanan mana yang akan membuat gula darah Anda meningkat dan yang harus dihindari penderita diabetes. Makanan dengan indeks glikemik tinggi dapat meningkatkan glukosa darah. Makanan dengan indeks glikemik tinggi termasuk roti putih, kentang dan beberapa sereal makanan.

3. Fokus merawat kaki

Orang dengan diabetes tipe 2 dapat mengalami masalah sensasi dan sirkulasi di tangan juga kaki. Rutinitas harian merawat kaki seperti memeriksa setiap perubahan yang terjadi di kaki, rutin mencuci dan mengeringkan kaki termasuk jari-jari. Berikan pelembap yang cocok untuk seluruh kaki.

4. Pertahankan berat badan sehat

Tidak benar jika semua orang yang menderita diabetes tipe 2 memiliki kelebihan berat badan. Namun, sangat penting menjaga berat badan stabil. Diet seimbang harus mencakup banyak sayuran dan makanan berserat, serta menghindari lemak jenuh tinggi.

5. Periksa mata setiap tahun

Kesehatan mata adalah hal penting lain yang perlu dipertimbangkan bagi penderita diabetes tipe 2. Karena, risiko retinopati diabetik yakni komplikasi yang terjadi akibat kadar gula darah tinggi merusak bagian belakang mata, dapat terjadi pada penderita diabetes.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif