Ahli diet Nishi Grover memberikan alasan mengapa Anda naik berat badan setelah menikah. (Foto: Vlad Deep/Unsplash.com)
Ahli diet Nishi Grover memberikan alasan mengapa Anda naik berat badan setelah menikah. (Foto: Vlad Deep/Unsplash.com)

Setelah Menikah Naik Berat Badan? Ini 4 Alasannya

Rona kesehatan keluarga
Raka Lestari • 10 Desember 2018 16:04
Jakarta: Sebelum menikah ada banyak pria dan wanita yang berusaha melakukan diet dan olahraga yang ketat untuk bisa tampil dengan badan yang mengagumkan pada hari besar mereka. Namun setelah pernikahan terlaksana, ada banyak perubahan yang akan terjadi.

Dan pasangan, terutama wanita umumnya sering mengabaikan diet dan makan sehat mereka sehingga akhirnya menambah berat badan mereka. Ahli diet Nishi Grover memberikan alasan mengapa hal itu terjadi.

1. Kebiasaan makan yang berubah
Wanita cenderung memprioritaskan hubungan mereka dibandingkan diri mereka sendiri dan sangat jarang sekali mereka meninggalkan sarapan bersama suami atau tidak menemani suami ketika suami sedang berada di depan televisi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Hal yang terpenting adalah untuk tidak melupakan kesehatan diri sendiri ketika Anda sudah menikah tetap harus diutamakan. (Baca juga: Berat Badan Lebih Mudah Naik Daripada Turun Ketika Diet? Ini Penyebabnya)


(Wanita cenderung memprioritaskan hubungan mereka dibandingkan diri mereka sendiri. Tak jarang mereka ikut menemani makan pagi, dan malam ketika bertemu setelah pulang kerja. Foto: Rawpixel/Unsplash.com)

2. Mencoba resep masakan berdua pasangan
Sebagian besar wanita yang baru menikah cenderung menyukai saat-saat memasak untuk menyenangkan suami dan keluarga dari suami. 

Selain itu, pria umumnya cenderung makan lebih banyak karena mereka membutuhkan lebih banyak kalori. Tetapi metabolisme mereka juga lebih cepat daripada wanita. Tidak jarang wanita mulai makan seperti suami dan menyebabkan wanita kelebihan berat badan.

3. Makan bersama keluarga
Setelah pernikahan, pasangan yang baru menikah sering diundang ke rumah kerabat untuk makan bersama. Banyak dari perayaan dan acara adat lainnya setelah pernikahan yang berhubungan dengan makanan.

Makanan ini biasanya banyak serta tinggi kalori. Sebagian besar pasangan cenderung mengikuti dan menikmati semua makanan lezat. Ini adalah cara termudah dan tercepat yang dapat menyebabkan penambahan berat badan.

4. Berat badan yang naik dianggap berbahagia
Menurut antropolog biologi Dr Helen Fisher, "Keterikatan yang serius dan tenang seperti pernikahan meningkatkan tingkat oksitosin di otak. Oksitosin disebut 'obat cinta.' Anda merasa lebih tenang dan damai dan umumnya menyebabkan Anda tidak terburu-buru untuk melakukan kegiatan lain, seperti berolahraga."




(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi