NEWSTICKER
Ilustrasi-Pexels
Ilustrasi-Pexels

Cara Penularan Covid-19 pada Bayi yang Baru Lahir

Rona Virus Korona virus corona Berita Virus Corona Hari Ini
Raka Lestari • 16 Maret 2020 15:59
Jakarta: Seorang bayi yang baru lahir di London, dilaporkan positif terinfeksi virus corona atau covid-19. Kabar itu muncul hanya beberapa menit setelah dilahirkan.
 
Dikutip The Sun, bayi tersebut saat ini sedang dirawat di rumah sakit. Sementara sang ibu sudah dipindahkan ke rumah sakit khusus penyakit infeksi. Kendati begitu, masih belum diketahui kapan bayi tersebut kontak dengan penyakit.
 
"Kita tidak bisa mengatakan itu terjadi ketika bayi itu masih dalam kandungan. Bayi itu bisa juga tertular virus selama, atau segera setelah, kelahiran," ujar Dr William Schaffner, seorang profesor Kedokteran Pencegahan dan Penyakit Menular di Vanderbilt University School of Medicine, kepada Live Science.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Beberapa infeksi menular dari ibu ke bayinya melalui plasenta ibu, ketika janin masih berkembang di dalam rahim atau dari cairan tubuh selama persalinan.
 
Sebagai contoh yang dijabarkan Centers for Disease Control and Prevention (CDC), virus Zika yang masih satu keluarga dengan covid-19 dapat menular ke bayi yang baru lahir di dalam rahim dan selama persalinan. Ketika ditularkan ke bayi di dalam rahim, virus Zika dapat menyebabkan mikrosefali dan kerusakan otak parah lainnya.
 
Baca juga: 5 Tips Menghadapi Social Distancing dalam Kasus Covid-19
 
Sebuah studi yang dipublkasikan dalam jurnal The Lancet juga menyebutkan bahwa para peneliti melakukan analisis sampel terhadap sembilan wanita yang terinfeksi covid-19 dengan usia kandungan sekitar 36 – 39 minggu. Wanita-wanita tersebut dirawat di rumah sakit di Wuhan, Tiongkok.
 
Studi tersebut dilakukan untuk mengetahui apakah mungkin dan kapan virus bisa ditularkan. Para peneliti melihat sampel cairan ketuban, darah tali pusat, ASI, dan sampel dari tenggorokan bayi yang baru lahir. Hasilnya, tidak satu pun dari sampel tersebut menyebutkan bahwa bayi dan ibu selamat.
 
Saat ini, pertanyaan yang lebih besar adalah bagaimana kondisi bayi yang terkena covid-19. Apakah bayinya sakit?. Apakah bayinya juga menderita pneumonia?
 
Anak-anak yang terinfeksi coronavirus ini sebagian besar menunjukkan gejala ringan. Tetapi belum ada cukup data untuk mengatakan apakah bayi akan termasuk dalam kategori ini.
 
"Bayi yang baru lahir masih sangat rentan dan mereka mungkin pengecualian terhadap aturan umum itu," tutup Schaffner.
 

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif