NEWSTICKER
Ilustrasi-Pexels
Ilustrasi-Pexels

Manfaat Probiotik untuk Kesehatan Vagina

Rona tips kesehatan
Raka Lestari • 19 Februari 2020 19:10
Jakarta: Probiotik adalah bakteri baik yang secara alami ditemukan dalam tubuh Anda dan sangat penting untuk menjaga sistem pencernaan Anda tetap terkendali. Pribiotik juga berperan dalam segala hal mulai dari kekebalan tubuh hingga kekuatan otot hingga suasana hati Anda. Lalu bagaimana hubungan antara probiotik dengan kesehatan vagina?
 
“Sebagai permulaan, vagina Anda seperti usus Anda dan mengandung banyak bakteri baik. Vagina secara alami mempertahankan keseimbangan bakteri dan ragi yang halus untuk menjaga pH dalam kisaran asam normal," kata Christine Greves, M.D., ob-gyn di pusat kebidanan dan ginekologi di Orlando Health di Florida.
 
Bakteri yang baik membantu melawan bakteri jahat, tetapi beberapa faktor seperti hubungan seksual, perubahan hormon, dan produk-produk kesehatan wanita yang sangat wangi berpotensi mengganggu ekosistem normal yang ada di vagina Anda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Setiap probiotik mengandung berbagai jenis bakteri, yang semuanya bekerja sedikit berbeda. Sehingga penting untuk mencari produk yang dirancang untuk kesehatan wanita atau kesehatan vagina,” kata Alyssa Dweck, M.D., ob-gyn yang berbasis di New York.
 
Lactobacilli adalah jenis bakteri baik yang hidup di vagina Anda dan membantu menjaga pH vagina yang sehat. Bakteri ini juga dapat mencegah pertumbuhan berlebih dari bakteri jahat.
 
“Dan karena probiotik sangat baik untuk bakteri baik, probiotik dapat membantu bakteri jahat untuk mengatasi infeksi ragi atau bakteri vaginosis,” kata Dr. Greves.
 
Akan tetapi apakah semua wanita perlu menggunakan probiotik untuk kesehatan vagina? Dr Dweck mengatakan bahwa probiotik paling dibutuhkan bagi mereka yang mengalami infeksi ragi berulang atau bakteri vaginosis.
 
Namun, satu masalah umum yang tidak akan diselesaikan oleh probiotik adalah infeksi saluran kemih (ISK).
 
"Tidak ada bukti pasti yang menunjukkan manfaat probiotik dalam mencegah ISK. Untuk jenis infeksi ini, ekstrak atau suplemen cranberry adalah cara yang lebih baik," saran Dr Dweck.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif