Berikut ini adalah hal disarankan dokter spesialis gizi untuk tidak diberikan pada bayi usia 0-6 bulan. (Foto: Pexels.com)
Berikut ini adalah hal disarankan dokter spesialis gizi untuk tidak diberikan pada bayi usia 0-6 bulan. (Foto: Pexels.com)

Hal yang Dilarang Diberikan pada Anak Usia 0-6 Bulan

Rona keluarga kesehatan anak air susu ibu
Kumara Anggita • 28 September 2020 09:00
Jakarta: Bayi yang berumur 0-6 bulan itu tidak boleh diberikan makanan atau minuman sembarangan. Yang mereka perlukan di masa-masa ini hanyalah ASI.
 
Dea Azza C.I.F, S.Gz, seorang ahli gizi menjelaskan bahwa anak hanya butuh ASI karena ASI adalah zat gizi paling lengkap. Kandungan gizi dalam ASI juga sudah sesuai dengan pencernaan dan kebutuhan bayi. Ada kandungan whey yang biasanya tidak ada di susu formula.
 
Ia menganjurkan orang tua agar tidak memberikan susu formula. Ini karena susu formula belum tentu cocok dengan pencernaan bayi. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Walaupun kandungan gizinya bisa lebih banyak tapi belum tentu sesuai dengan kondisi pencernaan tubuh bayi untuk menerimanya. Itu kenapa tidak jarang ada anak yang alergi susu formula, diare, sakit atau kegemukan karena susu formula,” ungkapnya dalam Aplikasi Orami Parenting. 

Dilarang memberikan air putih

Selain itu, yang tak kalah pentingnya, ia melarang oran tua untuk memberikan air putih. Utamakan untuk selalu memberikan ASI pada kondisi apa pun. 
 
“Pemberian air putih juga tidak disarankan ya. Pokonknya ASI saja, kecuali obat dari dokter atau petugas kesehatan. Itu pun sebaiknya minumnya pakai ASI,” jelasnya. 

 
(TIN)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif