Rutin Konsumsi Ikan saat Hamil Tingkatkan Penglihatan pada Anak

Sri Yanti Nainggolan 22 September 2018 18:16 WIB
kehamilan
Rutin Konsumsi Ikan saat Hamil Tingkatkan Penglihatan pada Anak
Rutin Konsumsi Ikan saat Hamil Tingkatkan Penglihatan pada Anak (Foto: shutterstock)
Jakarta: Perubahan pola makan wanita saat kehamilan dapat berdampak pada janin. Sebuah studi menemukan bahwa konsumsi lemak ikan secara rutin saat hamil dapat meningkatkan perkembangan penglihatan dan fungsi otak pada bayi yang belum lahir.

Studi yang dipublikasi dalam Journal of Pediatric Research tersebut menjelaskan bahwa masa kehamilan dan menyusui adalah cara utama penyaluran asam lemak tak jenuh rantai panjang untuk janin dan otak bayi selama periode pertumbuhan otak maksimum.

"Asam lemak seperti itu membantu membentuk sel-sel saraf yang relevan dengan penglihatan dan khususnya retina," ujar peneliti Kirsi Laitinen.


Asam lemak juga penting dalam membentuk sinapsis yang penting untuk pengangkutan pesan antara neuron dalam sistem saraf.

Studi tersebut menganalisis hasil dari 56 ibu dan anak-anak mereka. Para ibu harus menyimpan buku harian makanan biasa selama kehamilan.

Fluktuasi berat badan mereka sebelum dan selama kehamilan diperhitungkan, juga tingkat gula darah dan tekanan darah. Aspek seperti kebiasaan merokok dan penyakit diabetes juga diperhatikan.

Para peneliti mencatat kadar sumber asam lemak tak jenuh rantai panjang bergizi dalam makanan ibu dan serum darah, serta tingkat dalam darah anak-anak mereka pada usia satu bulan.

Anak-anak kemudian melakukan tes lanjutan saat berusia 2 tahun menggunakan pola pembangkitan visual yang membangkitkan potensi (pVEP). Metode non-invasif yang sensitif dan akurat tersebut digunakan untuk mendeteksi fungsi visual dan perubahan kedewasaan yang terjadi dalam sistem visual anak muda.

Analisis berikutnya dari hasil tes visual menunjukkan bahwa bayi yang ibunya makan ikan tiga kali atau lebih seminggu selama trimester terakhir kehamilan mereka bernasib lebih baik daripada mereka yang ibunya tidak makan ikan atau hanya dua porsi per minggu.

Observasi ini selanjutnya dibuktikan ketika status asam lemak fosfolipid serum dievaluasi.

Laitinen mengatakan bahwa hasil penelitian mereka menunjukkan bahwa konsumsi ikan yang sering oleh ibu hamil bermanfaat bagi perkembangan anak mereka yang belum lahir.

Tak hanya karena asam lemak tak jenuh ganda rantai panjang dalam ikan, tetapi juga karena nutrisi lain seperti vitamin D dan E, yang juga penting untuk pengembangan.

 



(ELG)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id