Hidrasi diartikan sebagai keseimbangan cairan dalam tubuh. Hidrasi menjamin fungsi metabolisme sel tubuh. (Foto: Pexels.com)
Hidrasi diartikan sebagai keseimbangan cairan dalam tubuh. Hidrasi menjamin fungsi metabolisme sel tubuh. (Foto: Pexels.com)

Cara Mempertahankan Hidrasi Tubuh Selain Minum Air

Rona kesehatan
Raka Lestari • 07 Mei 2019 14:06
Hidrasi diartikan sebagai keseimbangan cairan dalam tubuh. Hidrasi menjamin fungsi metabolisme sel tubuh. Sedangkan dehidrasi berarti kurangnya cairan di dalam tubuh karena jumlah cairan yang keluar lebih besar daripada jumlah yang masuk. Minum air kelapa, teh herbal, atau es loli dari buah segar bisa jadi salah satu hidrasi yang mencukupi cairan dalam tubuh.
 

 
Jakarta:
Mempertahankan hidrasi tubuh yang cukup sangatlah penting, terutama ketika memasuki bulan puasa. Saat berpuasa, tubuh tidak mengonsumsi makanan dan minuman selama lebih dari 10 jam sehingga tubuh sangat rawan mengalami dehidrasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dehidrasi memiliki dampak yang cukup merugikan bagi tubuh. Bahkan jika dehidrasi yang dialami terjadi secara terus menerus, beberapa fungsi tubuh akan menurun atau bahkan rusak.
 
Dilansir dari Reader's Digest, berikut ini adalah beberapa cara mempertahankan hidrasi tubuh selain minum air putih:

1. Minum air kelapa

Air kelapa mengandung elektrolit alami termasuk potasium dan natrium, yang merupakan nutrisi utama dalam mengisi dan merehidrasi tubuh Anda.
 
Elektrolit juga penting untuk fungsi saraf dan otot yang tepat. Saat ini, air kelapa sudah banyak tersedia dalam bentuk kemasan. Namun sudah tentu yang alami dan segar langsung dari buahnya akan terasa maksimal manfaatnya.
 
Cara Mempertahankan Hidrasi Tubuh Selain Minum Air
(Salah satu pemenuhan hidrasi Anda bisa dengan mengudap es krim lolipop yang berasal dari buah-buahan. Kaya serat, sehat, dan dapat menghidrasi Anda. Foto: Pexels.com)

2. Membuat es loli dari buah segar

Blender atau jus beberapa buah-buahan yang banyak mengandung air seperti semangka atau lemon. Kemudian cetak dalam cetakan es loli dan biarkan sampai membeku sekitar satu jam. Untuk memperkaya rasa, Anda bisa menambahkan air kelapa dan madu untuk menambah rasa manis.

3. Minum teh herbal

Beberapa teh mungkin bisa menyebabkan dehidrasi, tetapi teh herbal yang tidak mengandung kafein justru sebaliknya. Minum es teh herbal bisa mendinginkan suhu tubuh dan merehidrasi tubuh Anda. Seduh teh herbal, kemudian dinginkan di lemari es untuk menambah kesegaran.

4. Minum susu

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Applied Physiology, Nutrition, and Metabolism menunjukkan bahwa atau produk berbasis susu memiliki retensi cairan yang lebih baik daripada mereka yang minum minuman berenergi dalam kemasan.
 
Ditambah lagi, susu mengandung protein yang dibutuhkan tubuh Anda untuk mengisi ulang setelah melakukan aktivitas fisik.

5. Konsumsi sup

Sup bisa menjadi makanan yang baik untuk membantu tubuh Anda agar tetap terhidrasi dengan baik. Ada banyak jenis sup yang bisa Anda buat, misalnya saja sup ayam yang berisikan berbagai macam sayuran. Tomat yang ada di dalam sup ayam mengandung 94,5 persen air yang tidak hanya menyegarkan tetapi juga sehat.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif