Perlu Anda ketahui beberapa makanan yang tidak di sarankan untuk di makan pada saat hamil. (Foto: Pixabay)
Perlu Anda ketahui beberapa makanan yang tidak di sarankan untuk di makan pada saat hamil. (Foto: Pixabay)

Jauhi Makanan Ini ketika Anda Sedang Hamil

Rona kehamilan
26 Desember 2018 15:21
Jakarta: Selama hamil, tidak semua makanan boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Apa alasannya? Anda pasti ingin selalu memberikan nutrisi terbaik untuk si kecil yang ada di dalam kandungan. Asupan Anda setiap harinya pun menjadi sumber energi bagi tumbuh kembang si kecil.
 
Ada beberapa makanan yang bisa memberikan risiko buruk jika Anda mengonsumsinya. Bukan hanya berdampak pada Anda saja, tetapi juga si kecil yang ada di dalam kandungan. Oleh karena itu, Anda harus menghindari makanan yang bisa membahayakan Anda dan si kecil.
 
Di sini yang perlu Anda harus tahu beberapa makanan yang tidak di sarankan untuk di makan pada saat hamil, diantaranya dilansir dari BabyCenter.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(Baca juga: Saat Hamil, Hindari Kontak dengan Penderita Cacar Air)
 
1. Makanan mentah (setengah matang)
Ikan pedang, kerang mentah, sushi, telur setengah matang, kecambah mentah serta adonan yang mentah ketika mencicipi untuk memastikan bahwa rasanya enak itu tidak diperbolehkan di makan oleh ibu hamil.
 
Sebab, makan seperti inilah yang menjadi sumber berbagai penyakit untuk Anda dan si kecil di dalam kandungan.
 

(Ada beberapa makanan yang bisa memberikan risiko buruk jika Anda mengonsumsinya. Bukan hanya berdampak pada Anda saja, tetapi juga si kecil yang ada di dalam kandungan. Salah satunya adalah sushi yang berbagai isinya mentah termasuk ikan mentah di dalamnya. Foto: Filippo Faruffini/Unsplash.com)
 
2. Minuman Beralkohol dan kafein
Hindari minuman yang beralkohol tinggi maupun rendah serta minuman bersoda, seperti coca-cola, wine, teh, kopi dan lain-lainnya
 
3. Keju lembut
Mengonsumsi keju lembut dapat memberikan efek buruk bagi Anda yang tengah mengandung. Kemungkinan di dalam keju tersebut terdapat bakteri yang bisa menyebabkan infeksi yang disebut listeria. Hindari varian keju lembut, seperti gorgonzola, keju biru Denmark, brie, dan keju susu kambing.
 
4. Daging dan ikan
Anda perlu berhati-hati pada beberapa olahan daging dan ikan. Pastikan untuk daging sudah dimasak dengan matang secara sempurna. Hindari juga pada ikan asap, seperti salmon atau tuna asap yang disimpan dalam pendingin.
 
5. Buah dan sayur
Makan sayur dan buah segar memang menyehatkan, tetapi pastikan dibersihkan terlebih dahulu. Sebelum makan buah disarankan untuk mengupasnya dan pastikan sudah bersih.
 

Maria Fransiska
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi