Apa saja makanan sehat untuk ibu hamil yang baik untuk perkembangan janin? Berikut informasinya. (Foto: Pixabay)
Apa saja makanan sehat untuk ibu hamil yang baik untuk perkembangan janin? Berikut informasinya. (Foto: Pixabay)

Tujuh Pilihan Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Rona kesehatan kehamilan
11 Januari 2019 10:49
Jakarta: Selama hamil, makanan dan stamina Anda harus wajib terjaga. Terlebih pada usia kehamilan trimester dua dan trimester tiga.

Ibu hamil butuh asupan tambahan hingga 300 sampai 500 kalori sehari. Salah makan atau kekurangan nutrisi selama hamil nantinya akan berdampak pada perkembangan bayi.

Lalu apa saja makanan sehat untuk ibu hamil yang baik untuk perkembangan janin? Berikut ini adalah berbagai pilihan makanan sehat untuk ibu hamil dikutip dari BabyCenter.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



1. Makanan dan minuman berbahan dasar susu
Makanan sehat untuk Anda yang pertama adalah makanan atau minuman yang terbuat dari susu. Anda juga bisa mengonsumsi susu dan keju secara rutin. Susu bisa membantu memenuhi kebutuhan protein dan kalsium untuk ibu dan janin. Sedangkan produk susu probiotik, seperti yogurt bisa membantu mengurangi risiko komplikasi selama kehamilan.

(Baca juga: Pentingnya Konseling Pola Makan Bagi Bumil Obesitas)

2. Kacang-kacangan
Kedelai, kacang tanah, buncis, dan kacang polong adalah jenis kacang-kacangan yang bisa dijadikan sumber asam folat, serat, protein, zat besi, dan kalsium yang diperlukan tubuh selama kehamilan.

Nutrisi-nutrisi tersebut sangat penting bagi kesehatan Anda serta janin. Asam folat, protein, dan kalsium dapat mencegah risiko beberapa kondisi cacat lahir dan penyakit pada bayi ketika lahir.  


(Telur bagus untuk meningkatkan asupan gizi secara keseluruhan. Foto: Joseph Gonzalez/Unsplash.com)

3. Ubi
Ubi merupakan salah satu makan sehat untuk ibu hamil yang mengandung vitamin A. Nah, vitamin A sangat penting untuk pertumbuhan sel dan jaringan pada janin. Saat hamil, umumnya wanita disarankan untuk meningkatkan asupan vitamin A sebesar 10 sampai 40 persen dari kebutuhan sehari-hari.

Namun, disebutkan dalam laman yang sama bahwa asupan vitamin A tidak boleh terlalu banyak juga, karena akan menyebabkan keracunan. Vitamin A pada sayuran dan umbi-umbian penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sel pada janin yang sedang tumbuh.

4. Ikan salmon
Ikan salmon merupakan sumber vitamin hewani yang wajib dijadikan makanan sehat untuk ibu hamil. Ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 penting  seperti EPA dan DHA, yang penting untuk perkembangan otak dan mata pada bayi yang sedang tumbuh.

Salmon juga merupakan sumber alami vitamin D yang baik untuk ibu dan bayi. Namun, ibu hamil harus mengonsumsi salmon yang sudah dimasak sampai matang.

Jangan mengonsumsi salmon mentah, seperti pada sushi atau sashimi. Daging ikan yang belum matang berisiko terkontaminasi berbagai jenis bakteri yang membahayakan pertumbuhan janin.

5. Telur
Telur bagus untuk meningkatkan asupan gizi secara keseluruhan. Selain itu, di dalam telur juga terdapat kolin, yaitu nutrisi penting untuk kesehatan otak dan perkembangan janin.

6. Brokoli dan sayuran hijau lainnya
Brokoli dan sayuran berdaun hijau, biasanya banyak mengandung sebagian besar nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil. Sumber makanan tersebut juga mengandung serat yang dapat membantu mencegah atau mengobati sembelit.

Nutrisi yang terkandung pada sayuran antara lain seperti vitamin C, vitamin K, vitamin A, kalsium, zat besi, folat, dan kalium. Perlu diketahui juga kalau brokoli dan sayuran hijau mengandung antioksidan yang bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh dan pencernaan

7. Daging
Daging sapi, daging ikan, dan daging ayam merupakan sumber protein yang berkualitas tinggi. Selain itu, dalam daging terdapat kandungan zat besi sebagai mineral penting yang digunakan oleh sel darah merah. Sel darah merah berperan penting untuk mengantarkan oksigen ke semua sel dalam tubuh.

Maka dari itu Anda membutuhkan lebih banyak zat besi, karena volume darah mereka juga meningkat selama kehamilan, terlebih di trimester ketiga.

Namun, daging bisa jadi makanan sehat untuk ibu hamil kalau sudah dimasak sampai benar-benar matang dan dengan cara yang higienis.


Maria Fransiska




(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi