(Beberapa latihan peregangan bisa menekan nafsu makan Anda. Foto: Pixabay.com)
(Beberapa latihan peregangan bisa menekan nafsu makan Anda. Foto: Pixabay.com)

Latihan Peregangan untuk Menekan Nafsu Makan

Rona tips kesehatan
Dhaifurrakhman Abas • 15 Mei 2019 16:23
Bukan hanya melalui serangkaian olahraga intens, program diet akan berjalan lancar jika Anda bisa mengatur dan mengontrol pola nafsu makan Anda. Sebab acap kali orang gagal melakukan diet hanya karena tergoda untuk makan secara berlebihan. Untuk itu, lakukan gerakan simpel yang bisa membantu menekan nafsu makan Anda.
 
Jakarta:
Meski sulit, seseorang akan sendirinya terbiasa berolahraga ketika mengikuti program diet yang sedang dilakukan. Justru yang dianggap sulit dalam program diet adalah mengontrol rasa lapar.
 
Acap kali orang yang sedang menjalankan program diet tergoda untuk makan secara berlebihan. Hal ini pada akhirnya membuat program diet Anda menjadi gagal, sekalipun menjalankan sesi olahraga yang intens.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Agar sukses, mau tak mau Anda harus menekan rasa lapar berlebih. Beberapa tips menganjurkan Anda untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan yang dapat membantu menekan nafsu makan. Seperti tumbuhan tradisional atau produk ramuan yang dijual di pasaran.
 
Tetapi apakah Anda tahu bahwa sebenarnya Anda bisa menekan rasa lapar melalui olahraga yang sedang Anda ikuti dalam program diet? Ya, Anda hanya perlu melakukan latihan peregangan tambahan sebelum memulai berolahraga.
 
Faktanya latihan peregangan tertentu dapat membantu menekan nafsu makan Anda. Peregangan tidak hanya meningkatkan fleksibilitas otot Anda tetapi juga dapat mencegah Anda makan secara emosional.
 
Hal ini mirip dengan manfaat yoga dalam menekan nafsu makan. Jadi, ketika Anda merasakan keinginan mengambil sesuatu untuk dimakan, segera lakukan latihan peregangan berikut ini.
 
1. Bridge
 
Ketika sedang merasa lapar, coba lakukan gerakan bridge. Selain efektif menekan nafsu makan latihan ini membantu meningkatkan kekuatan otot perut dan kaki Anda.
 
Yang Anda perlu lakukan adalah berbaring telentang dengan kedua telapak tangan menempel di lantai. Berikan tenaga pada telapak kaki Anda hingga bagian pinggul dan tulang belakang berada di udara.
 
Cobalah untuk menyeimbangkan tubuh Anda. Tahan posisi ini selama beberapa detik dan lakukan pernapasan.
 
2. Spinal twist
 
Selain menekan rasa lapar, spinal twist juga merupakan salah satu gerakan yang bisa membantu menghilangkan stres. Gerakan ini juga membantu melancarkan aliran darah melalui organ vital Anda.
 
Cara melakukannya gerakan ini adalah dengan berbaring telentang di lantai. Rentangkan tangan Anda segaris horizontal sehingga tubuh bentuk huruf 'T'.
 
Kemudian tekuk lutut kanan Anda. Buat posisi telapak kaki Anda menginjak lantai. Sementara kaki kiri Anda tetap pada posisi lurus.
 
Lalu, putar kaki kanan ke sisi sebelah kiri sedemikian rupa sehingga menimpali kaki kiri Anda. Tarik lutut kaki kanan mengarah ke atas dada.
 
Ingat, jaga posisi bahu rata dengan tanah, tidak miring ke kanan maupun ke kiri. Bawa posisi kaki kembali ke tengah, setelah itu, Anda bisa melakukan gerakan serupa dengan posisi kaki sebaliknya.
 
3. Latihan abdomens
 
Adapun gerakan lain yang bisa dilakukan untuk menekan rasa lapar adalah dengan memeragakan abdomens. Latihan ini bermanfaat untuk memperkuat otot inti dan perut Anda.
 
Cara melakukannya, berbaringlah terlentang di tanah dengan posisi kedua lutut ditekuk selebar pinggul. Kemudian letakkan kedua tangan Anda di belakang kepala dan arahkan siku ke langit-langit. Mirip seperti saat melalukan gerakan sit up.
 
Lalu, tarik napas dan angkat kedua kaki Anda ke arah. Tahan kaki Anda pada posisi tersebut.
 
Kemudian buang napas Anda sembari mengangkat kepala dan bahu Anda mengikuti arah kaki ke udara. Tahan posisi ini beberapa saat sebelum Anda selesai melakukannya.
 

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif