Kelola stres Anda. Dan jaga imunitas Anda dengan istirahat dan makan makanan bergizi. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
Kelola stres Anda. Dan jaga imunitas Anda dengan istirahat dan makan makanan bergizi. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Tips Perawatan di Rumah bagi Pasien Positif Covid-19

Rona covid-19
Sunnaholomi Halakrispen • 14 Agustus 2020 13:27
Jakarta: Salah satu cara untuk mendeteksi adanya virus SARS-CoV-2 di dalam tubuh adalah dengan menjalani swab test. Apabila terdeteksi positif covid-19, maka masyarakat diimbau untuk melakukan perawatan di rumah sakit atau secara mandiri di rumah.
 
Jika dokter menyarankan Anda menerapkan perawatan secara mandiri di rumah, maka lakukanlah. Anda pun dianjurkan meningkatkan sistem imun Anda selama perawatan di rumah. 
 
"Perawatan di rumah harus istirahat yang cukup, menjaga daya tahan tubuh," ujar Guru Besar pada Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo, Prof. Dr. dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, kepada Medcom.id.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Gastro EnteroHepatologi itu pun menjelaskan tips lain dua yang tidak boleh dilupakan, yakni mengelola stres. Sebab, apabila Anda stres berisiko memengaruhi daya tahan tubuh.
 
Tips Perawatan di Rumah bagi Pasien Positif Covid-19
(Selain menghindari pikiran negatif, Anda juga mesti mengonsumsi sayur dan buah yang baik bagi tubuh. Foto: Pexels.com)
 
Sedangkan terkait multivitamin tambahan, itu sebenarnya tidak ada produk yang menjadi patokan. Sebab, yang perlu diterapkan yaitu konsumsi vitamin dan mineral.
 
"Jadi misalnya vitamin C 500 mg, tapi kan masing-masing orang perlu dipastikan ada maag atau enggak. Kemudian ada vitamin D 1000 iu. Ada juga kebutuhan zinc 1x1 misalnya," paparnya.
 
Mag sendiri merupakan penyakit yang gejalanya bisa dirasakan pada kondisi nyeri di bagian lambung. Penyebabnya, bisa karena adanya infeksi di area lambung, karena stres, ataupun akibat penggunaan obat tertentu. 
 
Apabila penderita mag mengonsumsi vitamin C yang mengandung asam, berisiko membuat lambung semakin nyeri. Maka, pemilihan vitamin C tambahan harus disesuaikan untuk masing-masing orang. "Kemudian banyak makan sayur dan buah," pungkas Prof. Ari.
 
(TIN)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif