Berikut ini adalah penjelan dr. Ronald Hukom, SpPD-KHOM tentang hubungan antara siklus haid pertama kali dengan kanker payudara.  (Foto: Pexels.com)
Berikut ini adalah penjelan dr. Ronald Hukom, SpPD-KHOM tentang hubungan antara siklus haid pertama kali dengan kanker payudara. (Foto: Pexels.com)

Hubungan Antara Siklus Haid yang Pertama Kali dengan Kanker Payudara

Rona kanker payudara
Raka Lestari • 02 September 2020 17:22
Jakarta: Siklus haid pertama yang terjadi pada usia dini yang dialami oleh seorang wanita ternyata dapat memberikan pengaruh terhadap risiko kanker payudara. Akan tetapi, kanker payudara sendiri bisa terjadi tidak hanya karena siklus haid pertama kali yang dialami oleh wanita. 
 
“Kanker payudara itu salah satu kanker yang erat hubungannya dengan pengaruh hormon wanita, yaitu hormon estrogen dan progesteron,” kata dr. Ronald Hukom, SpPD-KHOM, Hematologi Onkologi Medik RS Kanker Dharmais, dalam acara Webinar Kanker Payudara Pfizer, Senin, 31 Agustus 2020 lalu. 
 
Menurut dr. Ronald, semakin lama seseorang mendapat paparan dari hormon tersebut maka dia akan memiliki risiko yang meningkat untuk terkena kanker. “Kita tahu bahwa masa reproduksi wanita itu selama mereka masih mendapatkan haid,” katanya. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Di sisi lain, faktor hormonal juga memiliki kemungkinan merangsang sel-sel payudara menjadi ganas. Paparan hormon estrogen dan progesterone ini meningkatkan risiko," ujar dr. Ronald.
 
"Wanita yang haid sangat mudah, misalnya di bawah 10 tahun atau wanita yang masa reproduksinya panjang sekali, menopause lebih dari usia 50 tahun. Itu bisa meningkatkan risiko,” tambah dr. Ronald. 
 
 
Halaman Selanjutnya
Akan tetapi, hal itu bukan…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif