(Foto: Shutterstock)
(Foto: Shutterstock)

Tips Atasi Badan Kaku Setelah Berolahraga

Rona tips kesehatan
Sri Yanti Nainggolan • 12 Juni 2018 14:05
Jakarta: Tak sedikit orang yang mengalami badan kaku setelah olahraga intens. Namun, beberapa persiapan dalam berolahraga dapat membantu mengurangi rasa tak nyaman tersebut. 
 
Personal trainer Badal Upreti dari Anytime Fitness memberikan beberap tips mengatasi kaku setelah berolahraga. 
 
1. Makanan yang tepat

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ceri membantu dalam meningkatkan aliran oksigen di otot sehingga mengurangi peradangan dan meminimalkan rasa sakit pasca-latihan dan meningkatkan pemulihan.
 
Selain ceri, minuman protein atau cemilan sehat juga bisa dijadikan pilihan. Keduanya mengandung protein yang dapat mengurangi nyeri otot. Beberapa pilihan lain adalah kacang, almond, yoghurt, dan pisang.
 
2. Istirahat
 
Segera setelah latihan, biasanya orang mulai dengan rutinitas sehari-hari mereka seperti pergi ke kantor. Usahakan istirahat terlebih dahulu sebelum melanjutkan aktivitas lain. Dengan demikian, tubuh dapat membangun kembali dan memperbaiki otot-otot dengan asupan makanan. 
 
Jika bisa, tidur siang sekitar satu atau dua jam setelah berolahraga. Tidur membantu pemulihan sel-sel tubuh yang rusak setelah berolahraga. 
 
3. Mandi
 
Mandi setelah berolahraga membantu mengurangi peradangan otot, sendi dan tendon dan juga mencegah berbagai cedera otot. Namun, gunakan air hangat.
 
4. Tetap terhidrasi
 
Selama latihan berat di gym, asupan air perlu dipertahankan. Sel-sel otot membutuhkan air, terutama saat pemulihan. Untuk mengetahui apakah tubuh terhidrasi dengan baik, lihatlah warna urine. Jika kuning gelap, maka Anda tidak cukup terhidrasi.
 


 

(DEV)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi