Tips Atasi Badan Kaku Setelah Berolahraga

Sri Yanti Nainggolan 12 Juni 2018 14:05 WIB
tips kesehatan
Tips Atasi Badan Kaku Setelah Berolahraga
(Foto: Shutterstock)
Jakarta: Tak sedikit orang yang mengalami badan kaku setelah olahraga intens. Namun, beberapa persiapan dalam berolahraga dapat membantu mengurangi rasa tak nyaman tersebut. 

Personal trainer Badal Upreti dari Anytime Fitness memberikan beberap tips mengatasi kaku setelah berolahraga. 

1. Makanan yang tepat


Ceri membantu dalam meningkatkan aliran oksigen di otot sehingga mengurangi peradangan dan meminimalkan rasa sakit pasca-latihan dan meningkatkan pemulihan.

Selain ceri, minuman protein atau cemilan sehat juga bisa dijadikan pilihan. Keduanya mengandung protein yang dapat mengurangi nyeri otot. Beberapa pilihan lain adalah kacang, almond, yoghurt, dan pisang.

2. Istirahat

Segera setelah latihan, biasanya orang mulai dengan rutinitas sehari-hari mereka seperti pergi ke kantor. Usahakan istirahat terlebih dahulu sebelum melanjutkan aktivitas lain. Dengan demikian, tubuh dapat membangun kembali dan memperbaiki otot-otot dengan asupan makanan. 

Jika bisa, tidur siang sekitar satu atau dua jam setelah berolahraga. Tidur membantu pemulihan sel-sel tubuh yang rusak setelah berolahraga. 

3. Mandi

Mandi setelah berolahraga membantu mengurangi peradangan otot, sendi dan tendon dan juga mencegah berbagai cedera otot. Namun, gunakan air hangat.

4. Tetap terhidrasi

Selama latihan berat di gym, asupan air perlu dipertahankan. Sel-sel otot membutuhkan air, terutama saat pemulihan. Untuk mengetahui apakah tubuh terhidrasi dengan baik, lihatlah warna urine. Jika kuning gelap, maka Anda tidak cukup terhidrasi.






(DEV)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id