Banyak orang yang mengabaikan penggunaan tabir suya pada punggung tangan. (Foto Ilustrasi: Pexels)
Banyak orang yang mengabaikan penggunaan tabir suya pada punggung tangan. (Foto Ilustrasi: Pexels)

Bagian Tubuh yang Sering Terlewati saat Menggunakan Sunblock

Rona kesehatan kulit
Raka Lestari • 21 Mei 2019 10:06
Jakarta: Sunblock atau tabir surya adalah hal penting yang harus digunakan ketika Anda melakukan aktivitas di luar ruangan. Aplikasikan tabir surya di setiap bagian tubuh Anda untuk melindungi tubuh dari bahaya sinar matahari, bahkan untuk bagian tubuh yang tertutup.
 
Bagian tubuh yang tertutup adalah bagian yang paling sering terlewati ketika menggunakan tabir surya. Padahal meskipun tertutup, bagian tubuh tersebut tetap membutuhkan penggunaan tabir surya.
 
Dikutip dari Women's Health, berikut ini adalah beberapa bagian tubuh yang sering diabaikan saat menggunakan tabir surya:

-Kelopak mata

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam PLoS One pada 2017, para peneliti meminta 57 orang dewasa untuk mengaplikasikan tabir surya ke wajah mereka. Kemudian para peneliti mengambil foto wajah setiap orang dengan menggunakan kamera khusus yang menunjukkan seberapa baik kulitnya tertutup tabir surya. Hasilnya adalah kelopak mata merupakan bagian yang paling sering terlewatkan oleh banyak orang.

-Kulit kepala

"Kulit kepala lebih mudah terbakar daripada bagian tubuh lainnya karena berada pada titik tertinggi pada tubuh Anda," ujar Debra Jaliman, MD, seorang dokter kulit bersertifikat. Asisten Profesor dermatologi di Icahn School of Medicine di Mount Sinai Hospital itu juga menyarankan untuk menggunakan tabir surya semprot, kemudian gosokkan ke kulit kepala Anda.

-Punggung tangan

Banyak orang yang mengabaikan penggunaan tabir suya pada punggung tangan, karena memang tidak mempedulikannya atau tidak menyukai rasa lengket yang dihasilkan oleh tabir surya.
 
Padahal kanker kulit pada tangan lebih mungkin untuk bermetastasis dibandingkan dengan kanker kulit non-melanoma lainnya yang memengaruhi area kulit yang berbeda. Untuk mengatasinya, pilih tabir surya yang tidak memberikan rasa lengket setelah digunakan demi  membuat Anda merasa nyaman.

-Bibir

Kulit yang menutupi bibir Anda memiliki melanin yang sangat sedikit, sehingga mudah rusak oleh sinar UV.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Banyak orang tidak memakai tabir surya di bibir mereka dan memang sering terjadi kanker kulit di bibir," kata Dr Jaliman.
 
Selain itu, banyak orang juga menjilat bibir mereka sendiri sehingga tabir surya yang digunakan habis dan tidak memberikan dampak apapun. Gunakan tabir surya khusus untuk bibir yang memiliki SPF setidaknya 30.
 
Lawan Faktor "U" Agar Tetap Sehat dan Produktif

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif