Ilustrasi--Pexels
Ilustrasi--Pexels

Ancaman Cryptosporidium di Arena Bermain Air

Rona tips kesehatan
Dhaifurrakhman Abas • 02 Juli 2019 12:05
Wabah penyakit yang melibatkan parasit Cryptosporidium meningkat sekitar 13 persen setiap tahun. Terdapat sedikitnya 444 kasus berdasarkan laporan CDC  di negara-negara bagian AS dan Puerto Riko dalam rentang 2009 hingga 2017.
 

Jakarta: Anda sebaiknya tidak berenang ketika sedang mengalami diare. Sebab kondisi itu bisa menyebabkan berkembangnya parasit Cryptosporidium di kolam renang.
 
Dilansir dari time, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) menyebutkan parasit Cryptosporidium diduga berasal dari kotoran hewan dan tinja manusia. Jika terpapar kotoran yang terkontaminasi, seseorang dapat menderita cryptosporidiosis.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penyakit tersebut menyebabkan mual, kram hingga diare yang dapat berlangsung berminggu-minggu. Hal ini menyebabkan penderitanya kekurangan gizi dan dehidrasi yang serius.
 
Mirisnya, wabah penyakit yang melibatkan parasit Cryptosporidium, juga dikenal sebagai Crypto, meningkat sekitar 13 persen setiap tahun. Menurut laporan CDC  terdapat sedikitnya 444 kasus dilaporkan di negara-negara bagian AS dan Puerto Riko dalam rentang 2009 hingga 2017.
 
Bukan hanya mual dan diare, parasit Crypto juga dilaporkan menyebabkan sekitar 7.500 penyakit sekunder, 300 rawat inap dan satu kematian di negara paman sam.
Ancaman Cryptosporidium di Arena Bermain Air
Ilustrasi--Pexels
 
Masih dalam laporan yang sama, penyakit terkait Crypto kerap terdapat di kolam renang, taman bermain air dan area rekreasi air lainnya. Umumnya penyakit tersebut menjangkiti tubuh ketika sesorang tertelan air yang terkontaminasi di tempat-tempat tersebut.
 
Karena itu, penyakit paling umum terjadi pada bulan Juli dan Agustus. Ketika musim panas tiba, kolam renang dan arena bermain air jadi pilihan tepat untuk berekreasi.
 
CDC juga tengah menelusuri ke peternakan sapi, pusat pengasuhan anak dan konsumsi susu yang tidak dipasteurisasi. Hal tersebut rentan terkontaminasi Crypto.
 
Dengan meningkatnya wabah Crypto, CDC menekankan bahwa tidak seorang pun boleh berenang ketika sedang sakit diare. CDC juga mengimbau agar perenang tidak menelan air serta selalu menjaga kebersihan setelah bersentuhan dengan hewan.

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif