Bagi orang terutama mereka yang menderita insomnia, mencoba tidur dapat meningkatkan kecemasan kinerja.(Ilustrasi/Pexels).
Bagi orang terutama mereka yang menderita insomnia, mencoba tidur dapat meningkatkan kecemasan kinerja.(Ilustrasi/Pexels).

Cara Tertidur dalam Waktu Dua Menit

Rona tidur
Kumara Anggita • 16 November 2019 15:07
Jakarta: Banyak waktu yang dibutuhkan untuk membuat Anda tertidur di saat pikiran sedang menumpuk. Hal ini bikin frustasi.
 
Untuk itu, Anda bisa mengakalinya dengan menerapkan trik pada pikiran Anda. Kuncinya adalah dengan banyak latihan.
 
Berikut cara tertidur dalam waktu dua menit yang dilansir dari Healthline.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Katakan pada diri Anda untuk tetap bangun
 
Cara ini disebut juga dengan intensi paradoks. Mengatakan pada diri sendiri untuk tetap bangun mungkin merupakan cara yang baik untuk tertidur lebih cepat.
 
Bagi orang terutama mereka yang menderita insomnia, mencoba tidur dapat meningkatkan kecemasan kinerja. Penelitian telah menemukan bahwa orang yang mempraktikkan cara ini tidur lebih cepat daripada mereka yang tidak.
 
Visualisasikan tempat yang tenang
 
Bila cara paling yang umum untuk membuat Anda tertidur adalah dengan berhitung, ternyata ada cara lain yaitu dengan melibatkan imajinasi Anda.
 
Beberapa orang mengatakan bahwa memvisualisasikan sesuatu dapat membuatnya jadi terasa nyata, dan ini bisa   bekerja membuat Anda tertidur. Dalam sebuah studi tahun 2002 dari University of Oxford, para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang punya “gangguan gambar” tertidur lebih cepat daripada mereka yang memiliki gangguan umum.
 
Gangguan gambar
 
Alih-alih menghitung domba, coba bayangkan suasana yang tenang dan rasakan semua perasaan yang menyertainya. Misalnya, Anda bisa membayangkan air terjun, suara gema, air deras, dan aroma lumut basah. Kuncinya adalah membiarkan gambar ini mengambil ruang di otak Anda untuk mencegah diri Anda dari hal-hal yang membuat Anda khawatir sebelum tidur.
 
Akupresur untuk tidur
 
Salah satu metode adalah menargetkan area yang Anda kenal dan rasakan sangat tegang, seperti bagian atas jembatan hidung atau pelipis.
 
Namun, ada juga titik-titik spesifik dalam akupresur yang dilaporkan membantu mengatasi insomnia. Inilah tiga yang bisa Anda lakukan tanpa duduk:
 
Akupresur untuk tidur
 
Salah satu metode adalah menargetkan area yang Anda kenal dan rasakan sangat tegang, seperti bagian atas hidung atau pelipis. Namun, ada juga titik-titik spesifik dalam akupresur yang dilaporkan membantu mengatasi insomnia.
 
Persiapkan diri Anda sepenuhnya sebelum melakukan tekni ini. Jika Anda sudah mencoba metode ini dan masih menemukan diri Anda tidak dapat tertidur dalam 2 menit atau kurang, lihat apakah ada tips lain yang dapat Anda ambil untuk membuat Anda tertidur. Selamat mencoba!
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif