Berikut yang bisa Anda ketahui di 24 jam pertama kehidupan bayi. (Foto: Pexels.com)
Berikut yang bisa Anda ketahui di 24 jam pertama kehidupan bayi. (Foto: Pexels.com)

24 Jam Pertama Kehidupan Bayi

Rona perkembangan anak
Timi Trieska Dara • 19 Agustus 2019 10:42
Setelah melahirkan, terutama pada kelahiran pertama bayi pastinya bisa membuat sang ibu terkejut. Misalnya, mengapa bayi menyusu tapi tidak di hari pertama kelahirannya atau buang air besarnya yang lengket serta hal lainnya. Dilansir dari Pregnancybirthbaby, bayi baru lahir memang tak banyak menyusu ASI karena perutnya hanya sebesar kelereng.
 

 
Jakarta: Hari pertama kehidupan bayi Anda menegangkan dan melelahkan bagi Anda berdua. Apa yang bisa dirasakan bayi baru Anda? Bagaimana tali pusat dan plasenta dapat diurus dengan baik?

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Akan seperti apa bayi saya yang baru lahir? Ketika bayi Anda lahir, kulit mereka mungkin biru dan berbintik-bintik. Mereka cenderung tertutupi cairan ketuban, darah dan vernix, yang merupakan zat putih kekuningan. Ini normal.
 
Kulit mereka akan mulai menjadi merah muda ketika mulai bernapas-yaitu sekitar 1 menit setelah kelahiran. Tangan dan kaki bayi Anda mungkin masih tampak kebiru-biruan selama beberapa jam.
 
Cairan ketuban dan vernix ada di sana karena mereka ada di dalam rahim. Penting bagi bayi Anda untuk dapat mencium dan merasakan setelah lahir. Hal-hal yang akrab ini membantu bayi Anda merasa aman di luar rahim.

1. Kelahiran plasenta dan memotong tali pusat

Setelah melahirkan bayi, Anda akan mengalami lebih banyak kontraksi yang akan membantu Anda melahirkan plasenta. Setelah ini terjadi, tali pusat yang terhubung ke plasenta, akan dijepit di dua tempat dan dipotong. Orang yang mendukung Anda melahirkan (suami) mungkin diminta untuk memotongnya.

2. Kontak kulit-ke-kulit

Setelah kelahiran normal, bayi Anda yang baru lahir akan diletakkan di dada Anda untuk kontak kulit ke kulit. Bayi Anda membutuhkan tidur dan makanan. Mereka perlu merasa aman dan hangat, sehingga mereka perlu merasakan kulit Anda.
 
24 Jam Pertama Kehidupan Bayi
(Bayi Anda akan merasa aman ketika mereka mendengar suara Anda dan mungkin merespons dengan memalingkan kepala ke arah Anda. Foto: Pexels.com)

Lakukan hal sederhana ini:

1. Redakan tangisan bayi baru lahir
2. Membantu memulai dan mempertahankan menyusui
3. Membantu menjaga suhu tubuh bayi Anda
 
Setelah kontak pertama ini, mereka akan ditimbang, diukur dan diamati untuk memastikan mereka sehat.
 
Jika Anda melakukan operasi caesar, minta bidan untuk memastikan bayi Anda melakukan kontak kulit dengan Anda sedini mungkin. Mungkin bagi Anda atau pasangan Anda untuk menggendong bayi dari kulit ke kulit dalam masa pemulihan.

3. Berat dan pengukuran

Setelah kontak kulit ke kulit dan menyusui pertama, bidan Anda mungkin menawarkan untuk menimbang bayi Anda dan mengukur panjang dan lingkar kepala bayi. Bayi Anda tidak perlu dimandikan setidaknya 24 jam.

4. Vitamin K

Pada saat penimbangan, bidan Anda juga akan menawarkan untuk memberi bayi Anda suntikan vitamin K untuk mencegah pendarahan akibat kekurangan vitamin K.

5. Pengumpulan darah tali pusat jika Anda Rh negatif

Jika golongan darah Anda Rh negatif, beberapa darah akan diambil dari tali pusar untuk menentukan apakah golongan darah bayi Anda kompatibel.

6. Makanan (ASI)

Bayi mulai menunjukkan tanda-tanda ingin menyusu segera setelah lahir dan biasanya menempel dan mengisap payudara sekitar 50 menit setelah lahir. Mereka kemudian dapat menyusui selama satu jam atau lebih.
 
Letakkan bayi Anda di dada Anda, dan mereka mungkin akan menemukan payudara Anda dan mulai menyusui. Jika itu tidak terjadi, Anda dapat meminta bantuan bidan atau konsultan laktasi.
 
Air Susu Ibu (ASI) pertama yang Anda berikan disebut 'kolostrum'. Kental dan biasanya kekuningan, bukan putih bening. Ini adalah susu yang ideal untuk bayi Anda. Biasanya diproduksi dalam jumlah kecil (perut bayi Anda hanya sebesar kelereng).
 
Jika mereka belum diberi ASI dalam satu jam atau lebih setelah lahir, coba lagi beberapa jam kemudian. Anda juga dapat memberikan kolostrum untuk disusui kepada bayi dengan sendok.
 
24 Jam Pertama Kehidupan Bayi
(Bayi Anda juga dapat mendengar detak jantung Anda seperti yang terjadi di dalam rahim. Foto: Pexels.com)

7. Tidur

Bayi Anda akan bersama Anda sehingga Anda dapat "mengikat" dan merespons dengan mudah kebutuhan mereka. Mereka mungkin akan segera tidur setelah menyusui pertama, dan itu mungkin berlangsung sekitar enam jam atau lebih. Mereka mungkin akan tidur lebih dari setengah hari pertama mereka di dunia.

8. Skor Apgar

Salah satu pengamatan utama yang dilakukan setelah lahir disebut skor Apgar. Ini menilai penyesuaian bayi Anda untuk hidup di luar rahim. Skor Apgar diukur pada 1 menit dan 5 menit setelah kelahiran saat bayi berada di dada Anda.
 
Terkadang diukur lagi pada 10 menit setelah kelahiran. Di antaranya merekam detak jantung, pernapasan, warna, nada otot, dan refleks bayi Anda. Skor maksimum adalah 10. Skor 7 atau lebih biasanya berarti bayi Anda baik-baik saja. Ini bukan tes kemampuan atau kecerdasan dan hal itu tidak memprediksi kesehatan bayi Anda di kemudian hari.
 
Apa yang akan dilihat, didengar, dicium, dicicipi, dan dirasakan oleh bayi yang baru lahir?
Bayi Anda telah mendengarkan suara Anda selama paruh terakhir kehamilan Anda dan akan mengenalinya ketika Anda berbicara kepada mereka setelah lahir. Suara suami atau orang-orang yang mendukung Anda mungkin juga akrab jika mereka berbicara di dekat bayi Anda.
 
Bayi Anda akan merasa aman ketika mereka mendengar suara Anda dan mungkin merespons dengan memalingkan kepala ke arah Anda. Bayi Anda juga akan dapat mendengar detak jantung Anda seperti yang terjadi di dalam rahim.

9. Pengelihatan bayi

Penglihatan (visi) bayi Anda kabur saat lahir tetapi mereka akan dapat fokus pada wajah Anda dari jarak sekitar 30 centimeter. Ini disebut 'jarak pelukan.' Ini kira-kira jarak dari payudara Anda ke wajah Anda. Bayi Anda akan membuat hubungan antara apa yang mereka dengar dan apa yang mereka lihat.
 
Bayi Anda akan mencium dan merasakan cairan ketuban dan kolostrum Anda, yang memiliki rasa serupa.

10. Urine dan mekonium

Dalam 24 jam pertama, bayi Anda mungkin akan mengeluarkan urine dan mekonium (feses yang baru lahir) setidaknya sekali. Mekonium hitam dan lengket. Kotoran bayi Anda akan berubah warna dan konsistensi selama beberapa hari ke depan.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif