Selain Cokelat, 6 Makanan Ini Bisa Bikin Suasana Hati jadi Bahagia

Pelangi Karismakristi 04 Februari 2018 12:42 WIB
kesehatan mental
Selain Cokelat, 6 Makanan Ini Bisa Bikin Suasana Hati jadi Bahagia
(Foto: Shutterstock)
Jakarta: Percikan emosi dapat menimbulkan kemarahan pada seseorang. Tak jarang juga kemarahan tak bisa terkendali dan akhirnya menyakiti hati orang lain.

Banyak juga kemarahan yang berujung pada permusuhan. Tentu Anda tak mau bukan, selalu dihinggapi amarah? Hanya Anda yang bisa meredamkan emosi, jika tak berhasil, Anda juga bisa mengonsumsi makanan di bawah ini agar bisa mengelola kemarahan Anda:

1. Pisang


Pisang mengandung dopamin yang bisa meningkatkan mood. Selain itu, buah ini adalah sumber vitamin A, B, C dan B6 yang membantu sistem saraf. Magnesium di dalamnya juga berdampak memberikan mood positif pada diri Anda.

2. Dark chocolate

Mengonsumsi dark chocolate akan meningkatkan kemampuan otak melepaskan hormon endorfin dan meningkatkan kadar serotonin. Tak hanya itu saja, dark chocolate membantu meredamkan hormon stres dan menurunkan tingkat kecemasan.

3. Kenari

Kenari mengandung asam lemak omega-3, vitamin E, melatonin dan antioksidan yang sangat membantu otak manusia. Di samping itu, kenari juga bisa menjadi penguat mood yang ditimbulkan dari asam lemak omega-3, triptodan dan vitamin B6. Jadi mengkonsumsi kenari tidak hanya akan meningkatkan kebahagiaan, tapi juga membantu meredakan amarah.

4. Kopi

Kopi memiliki sejumlah neurotransmitter yang berkaitan dengan mood control yang juga bisa menurunkan risiko kecemasan. Minum secangkir kopi akan mengurangi amarah Anda, karena akan mengaktifkan sel induk otak untuk menghasilkan neuron baru.

5. Ayam

Ayam adalah sumber asam amino yang disebut triptofan, dan berperan besar untuk meningkatkan mood seseorang. Ayam  juga mengandung asam amino lain yang disebut tyrosine dan dipercaya bisa mengurangi gejala depresi.

6. Baked potato

Kentang kaya akan karbohidrat dan vitamin B yang berperan penting untuk menurunkan tekanan darah serta tingkat stres. Kentang panggang sangat bermanfaat mengendalikan kemarahan dan kesehatan mental Anda.






(DEV)