Hal-hal Kecil yang Bisa Menurunkan Rasa Percaya Diri
Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menurunkan tingkat percaya diri Anda. (Foto: Diego Rosa/Unsplash.com)
Jakarta: Bagi sebagian orang, rasa percaya diri dan rasa bangga terhadap diri sendiri terkadang sulit dimiliki. Dan pada kenyataannya adalah, memang akan ada hari-hari di mana Anda memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan hari-hari di mana Anda memiliki rasa percaya diri yang rendah.

Merasa percaya diri dan nyaman dengan diri sendiri adalah sesuatu yang perlu dipelihara dan dilakukan secara terus menerus. 

Termasuk menghindari hal-hal yang bisa membuat rasa percaya diri Anda rendah atau bahkan lebih buruk. Dilansir dari Elite Daily berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menurunkan tingkat percaya diri Anda.


1. Anda menetap dalam situasi atau hubungan yang tidak membahagiakan 
Menurut Seline Shenoy, seorang life coach dan penulis buku Beauty Redefined, "Menetap dalam situasi dan hubungan yang tidak membuat Anda merasa puas bukan hanya membuang-buang waktu tetapi juga menguras energi Anda."

Menurutnya, jika Anda berada di posisi ini yang harus Anda sadari adalah menyadari bahwa Anda tidak cocok dalam situasi tersebut dan cobalah untuk move on. 
 
(Baca juga: Satu Cara untuk Tingkatkan Kepercayaan Diri)


(Merasa percaya diri dan nyaman dengan diri sendiri adalah sesuatu yang perlu dipelihara dan dilakukan secara terus menerus. Foto: Carol Oliver/Unsplash.com)

2. Anda tidak berani menyampaikan pendapat Anda
Shenoy mengatakan bahwa ketika Anda berjuang untuk membela diri dan memperjuangkan hak Anda dalam menghadapi ketidakadilan atau ketidakhormatan, secara tidak langsung itu memberikan kekuatan pada diri Anda.

"Seseorang dengan rasa percaya diri yang tinggi tidak akan mentolerir perilaku tidak sopan dan akan langsung meninggalkan mereka yang  menyakiti mereka dan memperlakukan mereka dengan tidak adil."

3. Anda selalu membandingkan diri Anda dengan orang lain
"Dorongan untuk membandingkan diri dengan orang lain memiliki efek yang dapat merusak jiwa kita dan meredam kekuatan dan semangat kita untuk hidup," kata Shenoy kepada Elite Daily. 

4. Anda mengorbankan segala hal demi orang lain
Berbuat baik kepada orang lain adalah perbuatan yang mulia dan sikap yang terhormat. "Tetapi penting untuk menempatkan batasan pada seberapa banyak kita bersedia untuk membantu orang lain, dan memiliki kecerdasan untuk mengetahui kapan kebaikan kita dimanfaatkan orang lain," ujar Shenoy. 

5. Anda mengkiritik diri sendiri berlebihan
Mengkritik diri Anda sendiri dapat berdampak pada diri sendiri, bagaimana kita berhubungan dengan orang lain, dan yang paling penting akan berpengaruh terhadap rasa menghargai diri sendiri.

"Dengan menurunkan pemikiran-pemikiran negatif dalam diri kita, itu bisa membuat kita lebih bisa melihat rasa menyayangi, mengasihi diri sendiri." 






(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id