Untuk anak yang berusia anak 0-6 bulan, eksem atopik sering muncul di pipi, kening, kulit kepala, dan juga area popok. (Ilustrasi/Pexels)
Untuk anak yang berusia anak 0-6 bulan, eksem atopik sering muncul di pipi, kening, kulit kepala, dan juga area popok. (Ilustrasi/Pexels)

Kenapa Eksem Atopik Sering Muncul pada Bayi atau Anak?

Rona kesehatan kulit
Kumara Anggita • 07 Juli 2020 10:03
Jakarta: Masa anak-anak adalah masa ketika gangguan kulit paling sering muncul. Ada banyak jenis gangguan kulit dan salah satu yang cukup sering terjadi adalah eksem atopik. Kira-kira mengapa gangguan kulit ini bisa muncul ya? 
 
Berikut penjelasannya oleh Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Listya Paramita, Sp.KK 
 
Ia menjelaskan bahwa dermatitis atopik (eksem atopik) adalah penyakit yang membuat anak merasakan beberapa gejala seperti:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


- Kulit kering
 
- Gatal
 
- Ruam kemerahan
 
- Retak kulit di bagian belakang terlingat atau lipatan kulit
 
- Penebalan kulit
 
- Munculnya eksudat (keluar cairan bening dari kulit)
 
Eksem atopik ini muncul di banyak area kulit. Untuk anak yang berusia anak 0-6 bulan, eksem atopik sering muncul di pipi, kening, kulit kepala, dan juga area popok. Sementara anak usia 6-12 bulan, biasanya ruam muncul di daerah siku atau lutut.
 
Menurut dr. Listya penyebab gangguan kulit ini adalah karena genetik atau karena orang tua memiliki riwayat alergi (asma, alergi makanan atau debu atau dingin dan lain-lain).
 
Saat ini terjadi pada anak, ia merekomendasikan agar orang tua segera berkonsultasi ke dokter dan menjaga kulit agar tidak kambuh kembali.
 
“Jika sudah muncul ruam merah segera ke dokter spesialis kulit untuk mendapatkan pengobatan yang tepat,” ujarnya dalam Roompi di Aplikasi Orami Parenting dengan Tema Kupas Tuntas Permasalahan Kulit yang Sering Terjadi pada Balita.
 
“Menjaga agar tidak kambuh. Rajin pakai pelembap agar kulit tidak kering. Ini karena kulit kering ririsko dermatitis atopi akan kambuh-kambuhan,” lanjutnya.
 

 

(YDH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif