Ilustrasi-Pexels
Ilustrasi-Pexels

Jamur Cordyceps Dinilai Bisa Tangani Covid-19

Rona covid-19
Sunnaholomi Halakrispen • 03 Juli 2020 09:15
Jakarta: Vaksin untuk virus SARS-CoV-2 penyebab penyakit covid-19 belum juga ditemukan. Namun, sejumlah bahan diyakini bisa menangani covid-19, karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh.
 
Salah satunya, jamur cordyceps yang memiliki berbagai manfaat. Hal itu disampaikan oleh Pakar Biomolekular Universitas Brawijaya Prof. Widodo, S.Si., M.Si., Ph.D.Med.Sc., dalam webinar Tangguh Hadapi New Normal dengan H2 Cordyceps oleh Kalbe.
 
"Dalam kajian yang saya lakukan, jamur Cordyceps militaris merupakan salah satu bahan natural terbaik untuk memperkuat imunitas tubuh," ujar Prof. Widodo, dalam webinar Tangguh Hadapi New Normal dengan H2 Cordyceps oleh Kalbe.
 
"Karena mengandung cordycepin, adenosin, dan polisakarida," tambahnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Prof. Widodo mengatakan, bahan alam bekerja secara sistematis yang membuat tubuh kita menjadi balance. Sehingga, kesehatan pun bisa tetap terjaga di tengah pandemi covid-19.
 
Selain itu, kandungan dari jamur cordyceps bermanfaat dalam menangani gangguan pernapasan. Selain itu juga berpotensi menangkal virus.
 
"Jamur cordyceps memiliki kandungan yang mirip dengan obat antivirus galidesivir, yang cocok untuk melawan virus corona (berdasarkan uji klinis fase pertama). Tugasnya adalah untuk mengganggu proses replikasi pada virus," paparnya.
 
Manfaat baik dari jamur ini bukanlah kabar pertama. Sebab, jamur cordyceps telah lama dikomsumsi masyarakat, yakni sudah sekitar ratusan tahun. Akan tetapi, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan sebelum hendak mengonsumsinya.
 
"Herbal ini cenderung lebih aman apabila dipakai relatif lama (jangka panjang). Karena tidak akan menimbulkan efek samping. Meski aman kalau dosis konsumsinya terlalu banyak itu tidak baik. Jadi dosis yang dianjurkan harus dipatuhi," pungkasnya.
 

(FIR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif