NEWSTICKER
Berada di rumah selama berhari-hari, jangan malas bergerak dan lakukan beberapa ide anjuran dari IFI ini. (Foto: Ilustrasi Pexels)
Berada di rumah selama berhari-hari, jangan malas bergerak dan lakukan beberapa ide anjuran dari IFI ini. (Foto: Ilustrasi Pexels)

Beberapa Ide Gerak Badan saat Social Distancing

Rona Virus Korona tips & trik virus corona covid-19
Kumara Anggita • 23 Maret 2020 10:26
Jakarta: Social distancing adalah salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk melindungi masyarakatnya dari virus korona atau covid-19. Tindakan ini baik untuk kita ikuti demi mengurangi atau bahkan menghilangkan penyebaran virus.
 
Walaupun ini adalah tindakan yang aman, menurut Ikatan Fisioterapi Indonesia (IFI), social distancing memberikan dampak pula bagi kesehatan fisik maupun mental. Anda dan orang di rumah jadi malas sehingga kesehatan Anda menurun, bosan, dan cemas karena pemberitaan yang beredar.
 
Untuk itu, IFI menganjurkan Anda untuk gerak badan level moderat di rumah dengan dosis 30 menit sehari, dan 3 - 5 kali sepekan. Ada beberapa ide yang bisa Anda ikuti demi kesehatan tubuh dan mental Anda di rumah antara lain:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Jalan kaki keliling rumah adalah pilihan gerak tubuh yang paling murah. Jalan kaki bisa dilakukan oleh semua umur, termasuk bagi lansia. Untuk menambah keseruan, buatlah lomba jalan cepat dengan putra-putri anda yang sedang libur.
 
2. Jika ingin gerak tubuh yang lebih menantang dari sekadar jalan, tangga di rumah juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan aktivitas fisik. Tapi ini tidak direkomendasikan bagi lansia, orang-orang dengan gangguan keseimbangan, dan anak-anak yang masih memerlukan pengawasan.
 
Beberapa Ide Gerak Badan saat <i>Social Distancing</i>
 
3. Saat social distancing, semua pertemuan fisik diganti dengan virtual, kita bisa memanfaatkan teknologi digital dengan mengikuti senam dari YouTube. Pilih jenis senam dan instruktur yang sesuai dengan kondisi dan selera.
 
4. Bermain petak umpet, lompat tali atau ciplak gunung bersama anak-anak dapat menjadi aktivitas fisik yang menyenangkan sekaligus menyehatkan.
 
5. Tinggal di rumah saat social distancing bisa jadi kesempatan menata ulang layout ruangan. Bersih-bersih dan memindah perabot rumah, termasuk aktivitas fisik yang membakar kalori dan meningkatkan produksi hormon yang baik bagi tubuh.
 
6. Olahraga di rumah dapat dilakukan sendiri meskipun tanpa alat. Hanya menggunakan berat badan sendiri seperti sit up, back up, pull up, push up, dan lain-lain. Ikatan Fisioterapi Indonesia, dalam website dan media sosial resmi IFI, menyediakan panduan atau tutorial olahraga yang bisa dilakukan di rumah sesuai rekomendasi WHO.
 
Lakukanlah hal-hal ini dari sekarang. Jika Anda kreatif, Anda bisa menambahkan variasi lain sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.
 

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif