Bangun tidur tidak lapar? Ini alasannya. (Foto: Pexels.com)
Bangun tidur tidak lapar? Ini alasannya. (Foto: Pexels.com)

Penyebab Anda Tidak Merasa Lapar di Pagi Hari

Rona kesehatan
Raka Lestari • 11 Februari 2020 07:00
Jakarta: Tentu sudah banyak yang tahu bahwa sarapan adalah salah satu bagian terpenting dalam memulai hari Anda. Namun beberapa orang justru tidak merasa lapar sama sekali di pagi hari sehingga sarapan merupakan hal terakhir yang mereka pikirkan sebelum memulai aktivitas hariannya.
 
Dan ternyata ada penjelasan mengenai hal tersebut. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa Anda merasa tidak lapar di pagi hari:

1. Metabolisme

Seorang ahli nutrisi, Michelle Blum menjelaskan bahwa metabolisme Anda memasuki mode yang sama sekali berbeda ketika Anda tidur. “Metabolisme tubuh bekerja seperti perapian, jika Anda memberi makanan maka tubuh akan membakarnya. Jika Anda tidak memberi makanan, maka tubuh tidak akan membakarnya," katanya dalam Elitedaily.
 
"Dan inilah yang terjadi ketika sedang tidur dan memang ketika tidur tubuh tidak menghabiskan banyak energi.” Akan tetapi, terkadang tubuh tidak mendapatkan pesan tersebut ketika kita sudah bangun sehingga Anda tidak merasa lapar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penyebab Anda Tidak Merasa Lapar di Pagi Hari
(Bangun tidur Anda tidak lapar? Terkadang tubuh tidak mendapatkan pesan ketika kita sudah bangun sehingga Anda tidak merasa lapar. Foto: Pexels.com)

2. Terlalu banyak makan sebelum tidur

Para ahli mengatakan bahwa mengonsumsi makanan yang berat sebelum tidur dapat mengacaukan tidur Anda karena tubuh bekerja keras untuk mencernanya. Nutrisionis Lisa Hayim juga menambahkan, “Jika Anda makan makanan berat pada jam enam atau tujuh malam, sangat mungkin Anda belum merasakan lapar pada pagi harinya.”

3. Hormon

Hormon dapat berpengaruh terhadap berkurangnya nafsu makan dan mual atau muntah di pagi hari. Ahli gizi Bridget Bennett menjelaskan, “Tubuh mengeluarkan beberapa hormon yang berbeda sebelum bangun untuk membantu tubuh bangkit dan bergerak setelah istirahat malam."
 
"Selain memberi Anda energi, hormon-hormon ini meningkatkan gula darah, yang diperlukan setelah 'puasa' semalaman. Lonjakan hormon ini mungkin menjadi salah satu penyebab mual ringan di pagi hari.” Mual itulah yang mungkin menyebabkan Anda tidak merasa ingin makan di pagi hari.

Lalu apa yang harus dilakukan?

Meskipun Anda tidak merasa lapar di pagi hari, Hayim merekomendasikan untuk tetap makan namun dengan porsi yang kecil. “Mulailah dengan camilan yang mudah dicerna seperti sepotong buah atau segenggam kacang. Ini akan memulai metabolisme Anda, dan Anda akan merasa lapar untuk sarapan sekitar satu jam atau lebih.”
 

 
(TIN)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif