WHO memperingati World Health Day dengan mengapreasiasi perjuangan para perawat dan bidan. (Foto: WHO)
WHO memperingati World Health Day dengan mengapreasiasi perjuangan para perawat dan bidan. (Foto: WHO)

World Health Day 2020: Peran Penting Perawat dan Bidan Menyehatkan Dunia

Rona Virus Korona WHO
A. Firdaus • 07 April 2020 15:39
Jakarta: Tepat pada 7 April 2020, Hari Kesehatan Dunia (World Health Day) diperingati. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, peringatan Hari Kesehatan Dunia di tengah pandemi covid-19.
 
Saat dunia sedang dilanda pandemi covid-19, para tenaga medis termasuk para perawat berada di garis depan perlawanan terhadap wabah virus korona. Bertepatan pada itu pula, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) ingin menyoroti tentang peran penting perawat dan bidan.
 
"Perawat dan petugas kesehatan lainnya berada di garis terdepan dalam penanganan covid-19," demikian kutipan yang tertera di website WHO.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lebih detail, WHO menyoroti status keperawatan saat ini dan di seluruh dunia. WHO dan mitranya akan membuat serangkaian rekomendasi untuk memperkuat tenaga keperawatan dan kebidanan.
 
"Ini akan menjadi vital jika kita ingin mencapai target nasional dan global yang terkait dengan cakupan kesehatan universal, kesehatan ibu dan anak, penyakit menular dan tidak menular. Termasuk kesehatan mental, kesiapsiagaan dan tanggap darurat, keselamatan pasien dan pengiriman terintegrasi, berpusat pada orang-orang," lanjutnya.
 
"Kami menyerukan dukungan Anda pada Hari Kesehatan Dunia untuk memastikan bahwa tenaga kerja keperawatan dan kebidanan cukup kuat untuk memastikan bahwa setiap orang, di mana pun mendapatkan perawatan kesehatan yang mereka butuhkan," tegas WHO.
 
Tak hanya itu, kita semua memiliki peran dalam membantu para dokter dan perawat menurunkan penyebaran virus korona dengan tetap tinggal di rumah saja dan menerapkan physical distancing. Jangan lupa saat di rumah saja, Anda tetap menjaga badan tetap sehat dan ?t dengan tetap berolahraga serta mengonsumsi makanan bergizi.
 
(FIR)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif