Dr. Nina Asrini Noor, Sp.M--Medcom.id/Kumara Anggita
Dr. Nina Asrini Noor, Sp.M--Medcom.id/Kumara Anggita

Anak Kecil Jarang Alami Mata Kering

Rona kesehatan mata
Kumara Anggita • 12 September 2019 11:10
Jakarta: Mata kering sering terjadi pada orang dewasa karena faktor fisik dan juga gaya hidup. Karena itu, bila Anda melihat indikasi anak Anda mengalami mata kering, jangan langsung diberikan obat tetes mata melainkan periksa ke dokter.
 
Spesialis mata, Dr. Nina Asrini Noor, Sp.M menuturkan, bahwa mata kering merupakan kondisi hilangnya keseimbangan komponen air mata. Ini ditandai dengan berbagai gejala, mulai dari air mata menjadi tidak stabil, ada yang mengganjal di mata, warna mata merah, berair, terasa kering, sensasi berpasir, adanya kotoran mata, terasa lengket, sering kucek mata.
 
Gejala tersebut bisa pula terjadi pada anak-anak dan Anda langsung memberinya obat tetes mata. Namun, dr. Nina menganjurkan Anda untuk tak langsung melakukannya karena sesungguhnya jarang anak-anak mengalami mata kering.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mata kering kalau untuk di dewasa memang berbeda. Pada umumnya mata kering lebih sering ditemukan pada orang yang dewasa karena faktor tadi (gaya hidup tidak baik) lebih terpapar pada orang dewasa," ujarnya pada wartawan di Jakarta, Rabu, 11 September 2019.
 
"Anak-anak secara alami produksi air matanya masib sangat baik. Tidak ada penurunan seperti orang dewasa," tambahnya.
 
Dia menganjurkan agar Anda memeriksakannya ke dokter saja. Ini karena mungkin ada hal yang lebih kompleks terjadi.
 
"Kalau ada anak-anak kecurigaannya mengalami mata kering harus melalui pemeriksaan dokter spesialis mata karena obatnya spesifik, penyebabnya spesifik," jelasnya.
 
Bila Anda khawatir, Anda bisa membatasi penggunaan gadget pada anak. Ini karena
sebuah data mencatat, prevalansi mata kering di dunia tercatat sekitar 20 hingga 50 persen.
 
Sebuah data dari Universitas Alabama, menjelaskan bahwa pengelihatan yang tidak terkoneksi (salah satunua mata kering) dapat mengurangi produktivitas hingga 29 persen. Pasa kondisi tertentu, permasalahan mata kering yang diabaikan dapat menurunkan kualitas pada hidup.
 
Tips Menghindari Mata Kering
 
1. Melakukan modifikasi gaya hidup, seperti mengurangi paparan AC, membatasi kegiatan dengan atensi visual tinggi antara lain mengurangi durasi di depan monitor atau gawai dan penggunaan lensa kontak sesuai intruksi dokter mata
 
2. Melakukan kompres hangat pada kelopak mata dan menjaga kelopak mata tetap higienis
 
3. Konsumsi air dalam jumlah yang cukup
 
4. Mengaplikasikan tetes mata lubrikan untuk membantu meringankan gejala mata kering. Apabila gejala tidak berkurang, kami menganjurkan lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis mata untuk mengetahui diagnosis yang tepat dan penangan yang baik.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif