Benarkah cuka apel dianggap dapat mengatasi sunburn? Berikut informasinya. (Foto: Pexels.com)
Benarkah cuka apel dianggap dapat mengatasi sunburn? Berikut informasinya. (Foto: Pexels.com)

Apakah Cuka Apel Dapat Mengobati Sunburn?

Rona kesehatan kulit
Raka Lestari • 10 Juni 2019 16:48
Joshua Zeichner, MD, director of cosmetic and clinical research in dermatology di Mount Sinai Hospital, New York mengatakan cuka apel bermanfaat untuk berbagai kondisi kulit karena membantu menenangkan peradangan dan memiliki sifat antiseptik. Tapi encerkan terlebih dahulu, satu sendok teh cuka apel diencerkan dengan satu gelas air. Namun, konsultasikan ke dokter spesialis kulit dan kelamin jika sunburn Anda tak kunjung membaik.
 

 
Jakarta: Selain mengonsumsinya secara langsung, ternyata cuka apel juga memiliki manfaat bagi kulit terutama ketika mengaplikasikan cuka apel secara topikal ke kulit. Salah satunya adalah manfaat cuka apel dalam mengatasi sunburn atau kulit yang terbakar sinar matahari berlebihan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dilansir dari Womenshealthmag, saat kulit mengalami sunburn tentu akan menyebabkan sensasi panas yang membuat tidak nyaman. Cuka apel dianggap dapat mengatasi kondisi ini.
 
"Cuka apel semakin populer dalam manfaatnya untuk kulit terbakar karena efek antibakteri dan pendinginannya," kata Melissa Kanchanapoomi Levin, MD, seorang dokter kulit di New York dan pendiri Entière Dermatology.
 
Manfaat lain dari cuka apel adalah membantu mengatasi kulit berminyak, terutama ketika Anda mengaplikasikannya secara langsung atau dicampurkan dengan produk perawatan kulit.
 
"Cuka apel bermanfaat untuk berbagai kondisi kulit karena membantu menenangkan peradangan dan memiliki sifat antiseptik," kata Joshua Zeichner, MD, director of cosmetic and clinical research in dermatology di Mount Sinai Hospital, New York.
 
"Cuka apel memiliki pH asam sehingga bisa digunakan sebagai toner kulit alami. Terlebih lagi, cuka apel mengandung banyak pektin (sejenis serat larut yang ditemukan dalam apel), yang berpotensi dapat meningkatkan penghalang kulit dan mengurangi peradangan," tambah Dr Levin.
 
Apakah Cuka Apel Dapat Mengobati Sunburn?
(Sunburn adalah keadaan kulit yang berwarna merah dan terasa perih seperti terbakar, yang biasanya disebabkan oleh terlalu lama berada di bawah terik matahari atau pancaran sinar artifisial. Foto: Pexels.com)

Do and don't memakai cuka apel saat sunburn

Namun hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah bengkak yang disebabkan sunburn tidak begitu cocok bagi cuka apel. Cuka apel kaya akan kandungan asam malat, asam hidroksi yang baik digunakan jika Anda ingin melakukan eksfoliasi kulit.
 
Dr Zeichner juga menambahkan bahwa cuka apel sebaiknya tidak digunakan pada kulit yang luka karena sunburn.
 
"Cuka apel mungkin bermanfaat untuk mengobati kondisi kulit ringan seperti ketombe, namun saya tidak merekomendasikannya untuk mengobati sunburn," tambahnya.
 
Menurut Dr Levin menuangkan cuka apel ke kulit yang sedang merah karena sunburn justru dapat menyebabkan luka menjadi bertambah parah yang dapat menyebabkan iritasi kulit yang serius atau bahkan luka bakar kimia.
 
Anda bisa menggunakan cuka apel untuk mengobati sunburn jika cuka apel yang digunakan sudah diencerkan terlebih dahulu dengan air dalam jumlah yang banyak.
 
Satu sendok teh cuka apel diencerkan dengan satu gelas air. Campuran ini secara umum masih bisa digunakan untuk mengobati sunburn dan tidak memberikan risiko menyebabkan iritasi.
 
Konsultasikan ke dokter spesialis kulit dan kelamin jika sunburn Anda tak kunjung membaik. Beberapa rumah sakit bisa Anda kunjungi antara lain seperti RS Husni Thamrin, RS Husada, atau Rumah Sakit Jakarta. Atau kunjungi pusat pelayanan atau rumah sakit terdekat dari rumah Anda.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif