Ilustrasi-Pexels
Ilustrasi-Pexels

Efek Negatif dari Postur Tubuh yang Buruk

Rona penelitian
Raka Lestari • 10 Januari 2020 06:00
Jakarta: Kebiasaan sehari-hari dapat berpengaruh pada postur tubuh Anda. Postur tubuh yang kurang tepat akan memiliki efek samping terhadap banyak hal. Tidak hanya terlihat kurang menarik, memiliki postur tubuh yang salah juga bisa memengaruhi kesehatan Anda.
 
“Postur tubuh yang buruk dapat memiliki efek yang lebih dari masalah kesehatan biasa. Ini mempercepat pembentukan radang sendi dan bahkan penyakit pada tulang belakang,” kata Karen Erickson, seorang chiropractor dan pendiri Erickson Healing Arts di New York City.
 
“Posisi tubuh membungkuk dapat menekan sistem pernapasan, membatasi kemampuan tulang rusuk, dan diafragma untuk berkembang dengan baik selama respirasi," terangnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut penelitian dari Ohio State University, postur tubuh yang buruk juga bisa berdampak pada suasana hati. Dalam penelitian ini, para siswa yang menjadi peserta penelitian melaporkan bahwa mereka melakukan pekerjaan dengan lebih baik ketika mereka duduk tegak, dibandingkan dengan ketika duduk membungkuk.
 
"Sebagian besar dari kita diajari bahwa duduk tegak memberikan kesan baik kepada orang lain," kata Richard Petty, salah satu penulis dari penelitian tersbut.
 
“Akan tetapi ternyata postur tubuh kita juga bisa memengaruhi cara kita berpikir tentang diri kita sendiri. Jika seseorang duduk dengan tegak, mereka akan lebih yakin pada diri mereka sendiri," terangnya.
 
Selain itu, postur tubuh yang buruk juga bisa terjadi jika seseorang kurang bergerak dan berolahraga.
 
"Tubuh kita dirancang untuk bergerak, dan gerakan memainkan peran penting dalam memungkinkan tubuh berfungsi dengan baik,” kata Scott Bautcha, seorang dokter olahraga chiropraktik bersertifikat.
 
Bautch mengatakan, penting untuk menyesuaikan posisi tubuh Anda sesering mungkin. Duduk atau berdiam diri di suatu tempat terlalu lama dapat memberikan tekanan yang tidak perlu pada tubuh dan punggung Anda.
 
Untuk itu, ia menyarankan Anda untuk memiliki alarm yang bisa mengingatkan Anda untuk bergerak atau berolahraga, setiap beberapa waktu untuk meregangkan anggota tubuh Anda.
 
(FIR)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif