Pedoman Awal Sebelum Mencoba Diet Nordik (Foto: istock)
Pedoman Awal Sebelum Mencoba Diet Nordik (Foto: istock)

Pedoman Awal Sebelum Mencoba Diet Nordik

Rona diet tips kesehatan
Kumara Anggita • 27 Januari 2019 08:15
Jakarta : Diet nordik adalah diet yang berasal dari negara Nordik seperti Denmark, Finlandia, Norwegia, Islandia, Swedia, dan Greenland. Ini bukanlah diet yang membuat kamu menderita, namun lebih pada mengubah gaya hidup dengan mengonsumsi makanan yang enak dan sehat.
 
Pedoman Awal
 
Mulailah dengan lebih memberikan porsi besar pada makanan berserat seperti buah dan sayuran. Bila memungkinkan tambahkan pula biji-bijian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, ada baiknya untuk mengurangi daging merah dan menggantinya dengan daging putih seperti ayam dan makanan laut. Jangan lupa juga untuk menghindari makanan olahan dan mengandung gula tinggi. Sebaiknya Anda memasak sendiri di rumah karena Anda paham menakarnya.
 

Bahan Makanan Diet Nordik
 
Gandum Utuh
Anda harus memenuhi kebutuhan Gizi Anda dengan memilih karbohidrat kompleks yang kaya serat seperti gandum. Makanan ini memiliki banyak vitamin, mineral, dan antioksidan yang beguna untuk melindungi sel-sel Anda.
 

Buah Beri
Beri merupakan sumber antioksidan yang baik yang disebut anthocyanin, yang menjaga pembuluh darah dan arteri Anda tetap sehat dan fleksibel. Beri juga  dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda. Cobalah dengan strobe
 

Minyak Canola
Coba ganti minyak Anda dengan minyak Canola.  Memang agak sulit ditemukan di Indonesia, namun khasiat dari minyak canola begitu baik karena dia rendah lemak jenuh,memiliki asam alfa-linolenat, omega-3 yang dapat membantu melindungi otak Anda, termasuk dari stroke.
 

Ikan
Perbanyak makan ikan karena makanan ini memiliki asam lemak omega-3 tertentu yang tidak bisa dibuat oleh tubuh Anda. Ini dapat menurunkan kemungkinan Anda mengalami masalah pada jantung, mengurangi penumpukan plak di arteri Anda, dan mengurangi lemak dalam darah Anda (trigliserida). Anda bisa makan ikan m salmon, sarden, dan tuna.
 

Kacang dan Kacang Polong
Dalam diet Nordik, kacang dan kacang polong sangat direkomendasikan sebagai sumber utama karbohidrat kompleks dan serat dalam diet harian Anda, bersama dengan biji-bijian, beri, dan sayuran. Mereka adalah sumber protein yang hebat, terutama untuk menggantikan beberapa kalori yang Anda dapatkan dari daging merah. Dan mereka memiliki banyak nutrisi seperti riboflavin, B6, kalsium, seng, dan zat besi.
 

Sayuran dan Umbi
Wortel, parsnip, bit, dan kentang adalah pilihan yang baik untuk menu Anda. Makanan ini kaya akan serat,  sehingga tubuh Anda membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna. Selain itu, sayur dan umbi  menjaga gula darah Anda lebih stabil.
 
 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif