Dampak Makan Terlalu Malam bagi Tubuh Anda
Anda perlu mengawasi dampak negatif dari rasa lapar yang Anda rasakan di tengah malam. (Foto: Alva Pratt/Unsplash.com)
Jakarta: Rasa lapar yang sangat kuat ketika Anda sedang bersiap untuk tidur atau ketika terbangun tengah malam mungkin akan sangat mengganggu waktu istirahat Anda.

Dan ketika Anda mengalami hal ini, usahakan untuk memilih makanan-makanan yang sehat karena tentu saja, tubuh Anda merupakan hasil dari apa saja makanan yang Anda konsumsi. Selain itu, Anda juga perlu mengawasi dampak negatif dari rasa lapar yang Anda rasakan di tengah malam.

Makan terlalu malam, misalnya saat tengah malam dapat menyebabkan tubuh Anda bekerja berlebihan. "Masalah terbesar dari makan terlalu malam adalah bahwa hal itu dapat menyebabkan tubuh Anda terus mencerna dan memproses makanan," ujar Jamie Logie, seorang ahli gizi dan personal trainer kepada Elite Daily.


"Hal itu dapat mengganggu ritme sirkadian Anda karena tubuh Anda terus-menerus aktif ketika seharusnya tubuh Anda berisitirahat."

Makan terlalu dekat dengan waktu tidur juga dapat menyebabkan masalah pada sistem pencernaan Anda, ujar Armen Ghazarians, CEO Finish Fit, dan juga seorang nutrisionis.

(Baca juga: Menu Makan Malam untuk Menurunkan Berat Badan)


(Makan terlalu malam, misalnya saat tengah malam dapat menyebabkan tubuh Anda bekerja berlebihan. Foto: Jason Leung/Unsplash.com)

Makan hingga larut malam dapat menyebabkan kenaikan asam lambung, yaitu kondisi di mana asam lambung naik ke esophagus Anda sehingga menciptakan sensasi terbakar. Tidur juga membuat tubuh Anda lebih sulit untuk mencerna makanan Anda dengan benar, ujar Ghazari.

Selain itu, makan lebih dari pukul 9 malam tidak hanya berdampak pada tubuh Anda di malam itu, tetapi juga berdamak pada tubuh Anda di keesokan harinya.

"Makan terlalu malam juga dapat berdampak negatif terhadap nafsu makan pada keesokan harinya," kata ahli diet olahraga Kelsey Hampton, MS, CSSD, RDN, LD.  

"Tidak merasa lapar di pagi hari karena makan terlalu larut malam sebelumnya, dapat menyebabkan seseorang melewatkan sarapan di pagi hari dan makan berlebihan di malam hari. Dan siklus itu akan terus berlanjut."

Untuk itu, Haley Hughes, ahli diet terdaftar dan pemilik Nutrisi RDRx, menyarankan Anda untuk memilh makanan yang ringan bagi tubuh Anda sehingga tidak mengganggu waktu tidur Anda.

Hughes menyarankan memilih makanan yang secara alami kaya magnesium, yang membantu mengendurkan otot-otot Anda sehingga Anda bisa tertidur dengan mudah, seperti tahu, kacang, biji-bijian, kacang, dan alpukat.





(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id