Kenali Kelebihan dan Biaya Robotic Surgery

Dhaifurrakhman Abas 01 Desember 2018 09:05 WIB
kesehatan
Kenali Kelebihan dan Biaya Robotic Surgery
Robotic surgery (Foto: tech)
Jakarta: Menjalani serangkaian operasi besar atau bedah memiliki risiko tersendiri. Mulai dari lamanya masa kesembuhan hingga bekas luka yang tak menyatu dengan kulit.

Seiring perkembangan teknologi, ilmu kedokteran mengembangkan robotic surgery dalam prosedur pembedahan. Robotic Surgery merupakan pengembangan teknologi pembedahan menggunakan sistem robot.

"Robotic surgery merupakan pembedahan bersifat robotik. Namun bukan berarti sistem ini bergerak sendiri. Para ahli medik tetap berperan besar dalam tindakan operasinya," kata Spesialis Kebidanan dan Kandungan, dr. Ivan Rizal Sini, saat ditemui di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Jumat 30 November 2018.


Alternatif prosedur bedah ini memiliki berbagai keuntungan. Mulai dari waktu pemulihan yang lebih cepat, hingga mengurangi trauma pascaoperasi.

“Bisa mengurangi atau menghilangkan trauma jaringan yang biasanya didapatkan pada operasi terbuka," ujarnya.

Ivan mengatakan, pemulihan pascaoperasi menggunakan robotic surgery jauh lebih cepat ketimbang operasi terbuka. Waktu pemulihan bisa dalam jangka tak lebih dari seminggu.

"Ini jauh lebih cepat dari operasi besar konvensional yang membutuhkan waktu sebulan untuk pemulihan," kata dia.

Meski begitu, dr. Ivan bilang, biaya medis menggunakan robotic surgery cukup mahal. Namun harga terapi medik robotic surgery lebih murah ketimbang di Negeri Jiran.

"Biayanya sekitar Rp90 juta atau Rp100 juta, itu jauh lebih murah di Malaysia yang sekitar Rp160 juta, di Singapura Rp300 juta," ungkapnya.

Opsi prosedur operasi atau pembedahan menggunakan robotic surgery bisa Anda temukan di beberapa rumah sakit di Indonesia. Bundamedik Healthcare System menjadi salah satu instansi rumah sakit yang sudah menerapkan robotic surgery sejak 2012 dari berbagai macam pembedahan.

"Seperti tumor dan kanker perut seperti endometriosis, kista, mioma dan angkat Rahim yang telah dilakukan lebih dari 350 kasus," pungkasnya.



(ELG)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id