Penelitian baru dari jurnal Frontiers in Psychology menunjukkan bahwa suara dan aroma seseorang bisa sama pentingnya dengan penampilan fisik dalam menganggap seberapa menarik seseorang. (Foto: Janko Ferlic/Unsplash.com)
Penelitian baru dari jurnal Frontiers in Psychology menunjukkan bahwa suara dan aroma seseorang bisa sama pentingnya dengan penampilan fisik dalam menganggap seberapa menarik seseorang. (Foto: Janko Ferlic/Unsplash.com)

Keharuman Seseorang Bisa Bikin Anda Jatuh Cinta?

Rona psikologi
Kumara Anggita • 21 Januari 2019 14:15
Jakarta: Hal yang biasa terdengar adalah Anda tertarik pada pandangan pertama. Namun pernahkah Anda tertarik pada orang hanya karena keharuman tubuhnya? Jika iya, ketertarikan itu normal. Terdapat penjelasan ilmiah mengapa hal tersebut terjadi.
 
Melansir dari Webmd, penelitian baru dari jurnal Frontiers in Psychology menunjukkan bahwa suara dan aroma seseorang bisa sama pentingnya dengan penampilan fisik dalam menganggap seberapa menarik seseorang.
 
Oleh karena itu, Anda sering berpapasan dengan orang dan langsung tertarik. Dalam Wikipedia ini juga bisa disebut dengan "Feromon" (bahasa Yunani: phero yang artinya pembawa, dan mone bermakna sensasi) adalah sejenis zat kimia yang berfungsi untuk merangsang dan memiliki daya pikat seksual pada jantan maupun betina.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Baru-baru ini, sebagian besar ulasan telah difokuskan pada daya tarik visual, misalnya daya tarik wajah atau tubuh," kata pemimpin penulis Agata Groyecka, seorang peneliti di Universitas Wroclaw di Polandia.
 
Keharuman Seseorang Bisa Bikin Anda Jatuh Cinta?
(Jadi, Jika Anda tertarik dengannya karena harumnya, kemungkinan, bau tersebut berasosiasi dengan informasi mengenai sesuatu yang sebelumnya Anda sukai. Foto: Jan de Keijzer/Unsplash.com)
 
(Baca juga: Tips Memakai Parfum agar Wanginya Tahan Lama)
 
Akan tetapi penelitian lebih lanjut dilakukan pada indra lain seperti hidung. Hal ini berkaitan dengan peran orang yang Anda suka dalam hubungan sosial.
 
"Mempersepsikan orang lain melalui ketiga saluran memberikan variasi informasi yang lebih dalam dan lebih luas tentang mereka," kata Groyecka dalam rilis berita jurnal.
 
Informasi mengenai jenis kelamin, usia, suara, dapat mengungkapkan sifat seseorang seperti dominasi, kerja sama, keadaan emosi dan bahkan ukuran tubuh.
 
Jadi, Jika Anda tertarik dengannya karena harumnya, kemungkinan bau tersebut berasosiasi dengan informasi mengenai sesuatu yang sebelumnya Anda sukai. Sekarang semua terasa jelas bukan?
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif