Usus membantu memecah makanan Anda dan membuat nutrisi, seperti vitamin B dan vitamin K. (Ilustrasi/Pexels)
Usus membantu memecah makanan Anda dan membuat nutrisi, seperti vitamin B dan vitamin K. (Ilustrasi/Pexels)

3 Manfaat Puasa untuk Kesehatan Usus

Rona puasa
Sunnaholomi Halakrispen • 30 September 2020 18:11
Jakarta: Ada triliunan mikroorganisme yang hidup di usus Anda. Ketika organisme ini mencerna serat makanan, akan menciptakan senyawa yang menurut para peneliti sangat penting untuk fungsi otot dan pencegahan penyakit.
 
Usus membantu memecah makanan Anda dan membuat nutrisi, seperti vitamin B dan vitamin K. Bahkan memengaruhi emosi dan kognisi kita, mengirimkan sinyal antara otak dan sistem pencernaan.
 
"Kita benar-benar bergantung padanya dan membutuhkannya karena memainkan peran nutrisi yang fundamental bagi kita," ujar Suzanne Devkota, PhD, Direktur Penelitian Mikrobioma di Institut Penelitian Radang Usus dan Imunobiologi Yayasan F. Widjaja di Cedars-Sinai di Los Angeles, dikutip dari Health.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Maka, beri makan mikroba dalam tubuh dengan cara yang tepat, bijaksana, dan keseimbangan bakteri baik hingga jahat akan tetap terkendali, memberi Anda manfaat kesehatan. Namun ternyata, bukan hanya apa yang Anda makan yang memengaruhi keseimbangan mikroorganisme di usus Anda.

1. Waktu adalah segalanya

Pengaturan waktu pun merupakan segalanya. Puasa intermiten bisa dilakukan dengan berbagai jadwal. Dengan jadwal puasa berselang mingguan, Anda membatasi apa yang Anda makan dua hingga tiga hari tidak berturut-turut per minggu. 
 
Jenis lain dari puasa, makan dengan batasan waktu, pada dasarnya seperti Anda membatasi makan pada jumlah jam tertentu setiap hari. Dengan kata lain, berpuasa selama waktu yang tersisa. 
 
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif