Memilih makanan apa saja yang baik bagi usus sangat penting, karena jika usus Anda tidak diperhatikan dengan baik maka bisa terjadi penyakit pada usus Anda. (Foto Ilustrasi: Rawpixel/Pexels)
Memilih makanan apa saja yang baik bagi usus sangat penting, karena jika usus Anda tidak diperhatikan dengan baik maka bisa terjadi penyakit pada usus Anda. (Foto Ilustrasi: Rawpixel/Pexels)

Menjaga Usus tetap Sehat dengan Mengonsumsi Ini

Rona tips kesehatan
Raka Lestari • 29 April 2019 16:27
Pentingnya menjaga usus Anda dengan memerhatikan makanan yang dikonsumsi. Sebab kalau tidak, usus akan mencapai tahap penyakit yang cukup parah, yaitu kanker.
 
Jakarta: Sama halnya saat memilih makanan yang berdampak pada kesehatan jantung, otak, dan otot, makanan yang Anda konsumsi juga dapat berpengaruh pada usus. Untuk memiliki usus yang sehat, Anda perlu memilih makanan yang tepat bagi usus Anda.
 
Memilih makanan apa saja yang baik bagi usus sangat penting, karena jika usus Anda tidak diperhatikan dengan baik maka bisa terjadi penyakit pada usus Anda. Salah satu penyakit yang paling berbahaya adalah kanker usus. Bahkan saat ini penderita penyakit kanker usus cukup banyak dan masih berusia muda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk mencegahnya, perlu sekali memerhatikan makanan yang bisa membantu membersihkan kotoran-kotoran yang tersisa pada usus Anda. Di antaranya sebagai berikut:

-Quinoa dan beras merah

Anda harus berusaha sebaik mungkin untuk mengurangi makanan yang diproses dan sebisa mungkin memilih makanan yang alami. Dianjurkan untuk makanan yang kaya akan serat dan paling baik untuk membersihkan usus Anda.
 
"Jenis gandum utuh seperti beras merah dan quinoa adalah makanan yang tepat untuk memulainya," ujar Michael A. Valente, DO, seorang ahli bedah kolorektal di Cleveland Clinic. 

-Kacang-kacangan

Berbagai jenis kacang-kacangan juga kaya akan serat. Seseorang yang makan serat dalam jumlah cukup dari sumber nabati seperti kacang-kacangan mengalami polip usus yang bisa berkembang.
 
Sehingga membuat kanker usus lebih kecil dibandingkan mereka yang mengonsumsi sedikit serat. Kacang-kacangan juga mengandung phytochemical yang berfungsi sebagai pelindung kanker.

-Chia seed

"Mengonsumsi dua sendok teh chia seed dapat memenuhi 10 gram kebutuhan serat atau sekitar 40 persen kebutuhan serat harian Anda,"ujar Dr Valente.
 
Sebab serat yang terkandung dapat melancarkan buang air besar dan membawa bahan kimia beracun dan zat lain seperti kolestrol keluar dari sistem pencernaan Anda. Nutrisi dalam serat juga dapat memengaruhi usus besar pada tingkat sel untuk menjaga dari penyakit.

Baca juga: Alasan Mengapa Orang Sulit Menerima Kekalahan

-Sayuran hijau

Beberapa sumber makanan yang baik untuk membersihkan usus Anda ada di sayur-sayuran. Sebuah studi menemukan bahwa seseorang yang mengonsumsi sayur-sayuran hijau ternyata memiliki risiko terkena kanker usus lebih rendah. Sekira 24 persen dibandingkan mereka yang kurang mengonsumsi sayuran hijau.
 
"Karena tidak ada panduan khusus berapa gram sayuran hijau yang perlu dikonsumsi, paling mudah adalah dengan memastikan dua pertiga piring makanan Anda berasal dari sumber sayuran kaya serat seperti brokoli, kembang kol, dan kangkung," kata Dr Valente.

-Ikan

Menurut studi yang diterbitkan dalam Journal Gut menemukan bahwa mereka yang memiliki kanker kolorektal dan meningkatkan asupan omega-3 dari ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan trout memiliki risiko kematian yang lebih rendah, dibandingkan dengan mereka yang menghindari jenis-jenis ikan tersebut. Lemak omega-3 dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker dan bahkan meningkatkan kematian sel kanker usus besar.
 
Mengatur Gizi Lengkap dan Seimbang saat Diet

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif