Buah dan sayuran dapat membantu Anda merasa lebih kenyang lebih lama. (Foto: Pexels.com)
Buah dan sayuran dapat membantu Anda merasa lebih kenyang lebih lama. (Foto: Pexels.com)

Cara Menurunkan Berat Badan setelah Usia 40 Tahun

Rona kesehatan diet
Sunnaholomi Halakrispen • 17 April 2019 17:26
Menurunkan berat badan saat usia sudah di atas 40 memang merupakan tantangan yang cukup berat. Ini karena tingkat metabolisme dan kekebalan tubuh sudah mulai menurun. Tapi ada cara yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan berat badan saat usia sudah terbilang tak muda lagi. Salah satunya adalah konsumsi buah dan sayuran dapat membantu Anda merasa lebih kenyang dan puas.
 

 
Jakarta:
Berat badan menjadi masalah bukan hanya untuk kawula muda. Jauh lebih berisiko pada orang dewasa atau orang tua, berat badan bisa berubah menjadi obesitas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sudah pasti berpengaruh pada masalah kesehatan. Kesanggupan menjalani aktivitas sehari-hari pun memberikan pengaruh besar, apalagi untuk yang berusia 40 tahun ke atas.
 
Ada perubahan tingkat aktivitas, kebiasaan makan, dan hormon. Tapi, jangan cemas, karena ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk menjaga berat badan di usia 40 tahun ke atas.

1. Makanlah buah dan sayuran

Isi setengah piring Anda dengan buah dan sayuran setiap kali Anda makan. Keduanya cenderung memiliki lebih banyak nutrisi serta lebih sedikit lemak dan kalori dibandingkan daging, produk susu, atau biji-bijian.
 
Buah dan sayuran dapat membantu Anda merasa lebih kenyang lebih lama. Bahkan, ketika Anda mengonsumsi makanan dalam jumlah yang lebih sedikit. Buah-buahan segar seperti apel dan beri, juga baik untuk menggantikan makanan ringan yang tinggi lemak atau tinggi gula.
 
(Baca juga: Kurangi Penggunaan Gadget Saat Malam Pengaruhi Berat Badan?)
 
Cara Menurunkan Berat Badan setelah Usia 40 Tahun
(Isi setengah piring Anda dengan buah dan sayuran setiap kali Anda makan agar Anda merasa kenyang lebih lama. Foto: Pexels.com)

2. Jangan abaikan sarapan

Para ahli merekomendasikan makan pagi atau sarapan yang sehat seperti oatmeal atau roti gandum dengan buah. Ini dapat membantu mengurangi rasa lapar di tengah pagi.
 
Sarapan sederhana itu juga menjauhkan Anda dari mengonsumsi makanan yang tidak sehat maupun makan berlebihan saat makan siang. Selain itu, makanan kecil atau camilan setiap beberapa jam dapat menjaga selera makan Anda sepanjang hari.

3. Makan lebih sedikit di malam hari

Jika Anda mendapatkan sebagian besar kalori harian saat makan siang atau sebelum pukul tiga sore, Anda mungkin kehilangan lebih banyak berat dibandingkan jika Anda makan besar di malam hari. Tapi tetap, yang paling penting adalah apa yang Anda makan, bukan kapan Anda memakannya.

4. Masak makanan sehat

Banyak lemak dan kalori ekstra yang dapat berasal dari cara Anda menyiapkan makanan. Mungkin Anda lebih suka menyantap makanan dengan menggoreng atau memasaknya dengan mentega atau banyak minyak.
 
Mulai sekarang, cobalah memanggang atau merebus bahan makanan Anda. Ini juga merupakan saran yang bagus ketika makan di restoran, lewati makanan yang digoreng atau saus krim.

5. Perhatian

Saat Anda sibuk dengan pekerjaan, anak-anak, dan kehidupan, Anda bisa tergoda untuk menyantap makanan saat bepergian atau melakukan banyak tugas sambil makan. Tetapi Anda akan cenderung makan berlebihan dan menjadi segera lapar kembali.
 
Itu terjadi lantaran Anda tidak fokus pada makanan Anda. Cobalah untuk duduk saat makan dan fokus pada apa yang ada di piring Anda, bukan apa yang ada di TV atau layar komputer Anda. Cara tersebut membantu otak Anda menyadari waktu ketika porsi makan Anda sudah cukup.

6. Hindari minuman tinggi kalori dan lemak

Jika Anda minum kopi, teh, minuman bersoda, atau minuman berenergi manis, beralihlah ke air mineral atau minuman nol kalori lainnya. Minuman manis memiliki banyak gula tambahan yang dapat membuat Anda menambah berat badan dan meningkatkan risiko diabetes.
 
Begitu juga soal minuman beralkohol. Ada hubungan antara usia paruh baya dengan alkohol. Segelas bir atau anggur mengandung sekitar 150 kalori dan itu bisa bertambah jika Anda sering meminumnya. Selain itu, alkohol dapat membuat Anda lapar, sehingga Anda dapat makan lebih banyak saat minum.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif