Kuantitas dan kualitas tidur yang tepat sama pentingnya dengan berolahraga dan makan dengan benar. (Foto Ilustrasi: Thought Catalog/Unsplash)
Kuantitas dan kualitas tidur yang tepat sama pentingnya dengan berolahraga dan makan dengan benar. (Foto Ilustrasi: Thought Catalog/Unsplash)

Tiga Hal yang Harus Diperhatikan saat Diet

Rona diet
Dhaifurrakhman Abas • 16 April 2019 13:08
Terkadang orang melakukan diet tak memperhatikan pola yang harus dilakukan. Bahkan hal-hal itu terlewat, sehingga mereka baru menyadari setelah diet tak berjalan lancar.
 
Jakarta: Memiliki tubuh ideal tentu jadi idaman semua orang. Selain menambah rasa percaya diri, tubuh ideal menjadi penentu kesehatan seseorang.
 
Bahkan menurut beberapa penelitian, kelebihan berat badan sembilan kilogram saja dapat menggandakan risiko seseorang terkena penyakit jantung. Selain itu meningkatkan risiko kanker menjadi tiga kali lipat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Belum lagi serangkaian penyakit sekunder yang mengintai. Seperti masalah kardiovaskular, diabetes, stroke, dan kepercayaan diri. Nah, sebelum terlambat ada baiknya Anda mulai mengejar berat badan ideal Anda.
 
Namun untuk mewujudkan itu, ada tiga langkah awal yang harus dilakukan dalam membantu menurunkan berat badan dengan sangat cepat. Seperti dilansir Times of India.

1. Kelola stres

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, mengapa berat badan tak kunjung turun meski sudah melakukan olahraga rutin dan mengatur pola makan. Nah, bisa jadi program diet gagal karena Anda sedang mengalami stres berat.
 
Tidak banyak orang mengetahui hal ini tetapi gagal mengelola stres sangat memengaruhi pinggang Anda. Stres bahkan tidak hanya menyebabkan kenaikan berat badan, tetapi juga menurunkan kekebalan tubuh kita, sehingga membuat kita rentan terhadap sakit.
 
Tiga Hal yang Harus Diperhatikan saat Diet
 
Ketika diserang stres, tubuh manusia memproduksi kortisol dan merangsang pertumbuhan sel-sel lemak yang meningkatkan lemak perut. Selain itu, stres membuat pencernaan melambat dan kesulitan tidur.
 
Jika itu terjadi maka seseorang rentan mengarah pada makan berlebihan, mengidam makanan, hingga penyalahgunaan narkoba dan alkohol. Jadi, jangan biarkan stres menyabotase penurunan berat badan. Kelola stres dengan berolahraga secara teratur, bermeditasi, dan mendekatkan diri dengan sang pencipta.

2. Jangan salah pilih salad

Salad menjadi salah satu pilihan makanan yang dianggap tepat untuk dikonsumjsi dalam memuluskan program diet. Namun salad yang sehat adalah yang tidak memiliki topping dan dressing yang terlalu banyak.
 
Banyak orang yang membuat salad dengan salad dressing berbentuk saus atau pasta seperti mayones atau Thousand Island. Tetapi jika sedang diet, sebaiknya pilih salad dressing berbasis minyak minyak zaitun atau kanola.
 
Tiga Hal yang Harus Diperhatikan saat Diet
 
Menurut sebuah penelitian dari Iowa State University, salad yang memiliki dressing zaitun dan kanola ini memiliki kandungan karotenoid yang aman buat tubuh.
 
Selain itu, senyawa yang juga ada pada vitamin A ini memiliki asam lemak tak jenuh yang melimpah. Hal ini baik dalam membantu mencairkan lemak perut dan membuat salad menjadi santapan yang mengenyangkan.

3. Atur pola tidur

Tidak mendapatkan tidur yang optimal bisa merusak hormon seseorang. Gangguan hormon inilah yang pada akhirnya membuat Anda merasa lapar, rewel, dan lelah sepanjang waktu.
 
Kuantitas dan kualitas tidur yang tepat sama pentingnya dengan berolahraga dan makan dengan benar. Untuk mendapatkan tidur ideal adalah dengan mengelola stres Anda, jangan terlalu banyak mengonsumsi kafein serta menjauhi alkohol.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif